Mau Sahur yang Ideal untuk Puasa, Baca Tips Ini

diet mediterania
diet mediterania
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Saat puasa, asupan makanan yang masuk dalam tubuh haruslah benar-benar memenuhi gizi. Untuk tetap terjaga selama kurang lebih 13 jam berpuasa, menu sahur jadi kunci utamanya. Berikut adalah tiga menu ideal untuk santap sahur.

Makanan kaya karbohidrat

Ada makanan berkabohidrat untuk santap sahur agar memiliki ketahanan lebih lama selama menjalankan puasa. Karbohidrat adalah sumber utama, bahkan bahan bakar yang digunakan oleh tubuh dan otak untuk melakukan fungsi fisik dan mental yang diperlukan. Makanan berkarbohidrat yang dimaksud adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Air Mineral

Selama puasa, kandungan air dalam tubuh akan berkurang. Hal itu juga yang menyebabkan kita merasa mengantuk dan lemas selama puasa.

Dalam satu hari kita akan kehilangan sekitar satu liter air dan setengah liter air hanya karena bernapas. Untuk menjaga kondisi badan tetap bugar tanpa hidrasi, dianjurkan untuk meminum cukup air sepanjang malam dan selama sahur.

Buah Kurma

Kurma menjadi buah wajib yang harus selalu setia menemani selama bulan puasa. Selain anjuran dari Nabi, kurma memiliki tingkat serat larut, yang penting dalam proses pencernaan usus dan dapat meringankan gejala sembelit.

Ikan

Terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi ikan, karena ikan memiliki protein yang sangat tinggi. Sehingga dapat menjaga kondisi tubuh Anda tetap berenergi penuh. Selain itu, protein dalam ikan yang sangat tinggi tersebut membuat pencernaan berjalan panjang, yang menguntungkan untuk pencernaan. Kita pun akan terus merasa kenyang selama puasa berkat makan ikan.

You May Also Like