Inilah Hal-hal yang Merusak Keutamaan Nilai Berpuasa

puasa
puasa
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Bulan suci Ramadhan bukan hanya persolan menahan lapar dan haus. Lebih luas dari itu, bulan suci Ramdhan memiliki banyak makna yang akan menguntungkan Anda baik secara fisik dan rohani.

Agar kesempurnaan ibadahnya tercapai, tentu ada banyak hal yang dihindari. Berbohong misalnya. Hal seperti itu tentu bisa merusak ibadah puasa. Selain berbohong, berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda hindari selama bulan Ramadhan, agar nilai-nilai keutamaan dalam berpuasa tidak dirusak oleh hal-hal yang seperti ini.

Berkelahi

Bulan Ramadhan adalah waktunya untuk menguji kesabaran. Berkelahi atau marah tidak akan membuat pikiran Anda tenang. Bahkan jika Anda diprovokasi oleh seseorang, pilihan terbaiknya adalah tetap tenang dan sabar.

Memakai pakaian terbuka

Dalam Islam, kesopanan berpakaian adalah hal utama. Hal itu juga berlaku selama bulan Ramdhan. Anda harus pandai betul memilih pakaian untuk mencegah lawan jenis tertarik pada Anda. Maka dari itulah utamakan pakaian yang menutupi aurat, tidak sekedar menutup tetapi juga menyembunyikan bentuk tubuh khususnya bagi wanita.

Makan terlalu banyak

Bulan suci Ramdahan juga mengajarkan kita untuk merasakan apa yang dirasakan orang-orang kurang beruntung secara finansial. Muslim mengajarkan kita untuk bermurah hati terhadap orang-orang miskin dan pada mereka yang kelaparan. Jika Anda makan terlalu banyak, Anda akan kehilangan manfaat dan makna Ramadhan sesungguhnya.

Tertawa berlebihan

Tertawa terbahak-bahak adalah hal yang tidak etis untuk dilakukan. Hal justru akan mengurangi pesona kepribadian Anda dan mencerminkan sebuah kesalahan. Tertawa berlebihan di bulan Ramadhan hukumnya makruh dan tidak disukai banyak orang.

Obsesi menguruskan badan

Jika motif Anda berpuasa adalah untuk menguruskan badan, maka ibadah Anda tidak akan sampai pada titik sempurna. Niat puasa yang Anda lakukan harus murni, bukan karena maksud lain.

Menggunjing

Terakhir adalah membicarakan orang lain atau menggunjing. Ini adalah kegiatan yang sia-sia namun sering dilakukan tanpa sadar. Terlebih bila membicarakan kejelekan orang lain.
Itulah beberapa hal yang bisa merusak nilai-nilai keutamaan dalam berpuasa.

You May Also Like