Mahasiswa UGM Ciptakan Pelumas Rantai Otomatis

acilator UGM
acilator UGM
ACILATOR, Pelumas Otomatis Rantai Motor.(Credit: ugm.ac.id)

Bhataramedia.com – Mahasiswa Universitas Gajah Mada mengeluarkan karya produk terbarunya. Kali ini mereka menciptakan alat yang mampu melakukan pelumasan rantai sepeda motor secara otomatis.

Saiful Afandi dan keempat rekannya, Azis Fajar, Anindar Naufal, Bagas Eko, dan Firda Auliya menciptakan Automatic Chain Lubrication (ACILATOR). Alat ini dibuat dengan menggunakan sistem sederhana. Penggunaan alat cukup dipasang pada sproket roda belakang sepeda motor dilengkapi dengan microcontroller dan bluetooth yang dapat diintegrasikan dengan software ACILATOR Application berbasis android.

“Dengan begitu dapat melumasi rantai motor secara berkala sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dapat diatur ulang,” jelas Saiful Afandi , seperti dilansir situs UGM (25/6/2015).

Saiful mengungkapkan penggunaan alat ini tergolong mudah dan dapat diatur sendiri sehingga dapat digunakan siapa saja. Apabila alat ini telah terpasang pada kendaraan maka pengguna akan diuntungkan dengan memiliki umur rantai yang lebih lama karena secara otomatis rantai akan terlumasi tanpa membutuhkan tambahan tenaga untuk perawatan.

“Penggunaan alat ini dapat mengurangi kemungkinan kerusakan dan bisa menjaga umur penggunaan rantai sepeda motor,” tambah Saiful.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan uji untuk memastikan kembali kelancaran alat dalam bekerja. Pengecekan ulang dilakukan pada perangkat keras maupun perangkat lunak ACILATOR sehingga terintegrasi dengan baik dan rapi.

Dari hasil uji coba tersebut  menunjukkan hasil yang cukup baik dan penggunaan ACILATOR sudah lancar digunakan dalam mode manual maupun otomatis yang dioperasikan dengan software. “Alat telah siap, hanyak kurang kami rapikan beberapa bagian agar lebih estetik,” tambah Anindar Naufal.

Pemilihan aplikasi alat pada rantai sepeda motor sebagai model awal, kata Anindar, karena  faktor kemudahan dan dapat bekerja dengan baik pada jenis kendaraan ini. Selain digunakan pada rantai sepeda motor, kedepan ACILATOR diharapkan dapat diterapkan pada sistem lain yang menggunakan rantai.

“Bisa digunakan untuk melumasi rantai pada mobil, lift, eskalator, conveyor, backhoe dan lainnya yang termasuk susah untuk melakukan pelumasan manual karena perlu keahlian khusus untuk membongkar dan membutuhkan biaya besar untuk proses perawatan,” tuturnya.

You May Also Like