Berpuasa Sebulan Penuh Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan? Ini Jawabannya

puasa
puasa
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa.

Puasa Ramadhan selama satu bulan full itu sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Lalu apa saja, berikut ulasannya:

Penurunan kadar kolesterol dalam darah

Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

Penurunan berat badan yang ideal

Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan darah dan kadar gula darah tubuh.

Proses detoksifikasi (pembuangan racun)

Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

Meningkatnya rasa nyaman dan ketajaman berpikir

Beberapa hari setelah berpuasa, hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan memberikan efek peningkatan ketajaman pikiran dan juga perasaan nyaman.

Berbagai efek kesehatan berpuasa ini akan berkurang atau malah tidak terjadi jika asupan makanan pada saat sahur dan berbuka tidak diperhatikan komposisi dan jumlahnya. Karena, pada saat bulan puasa, keseimbangan antara karbohidrat, protein dan lemak tetap perlu diperhatikan.

Salah satu kesalahan dalam makanan pada bulan puasa adalah dengan mengkonsumsi sebanyak-banyaknya makanan pada saat sahur dan berbuka dengan komposisi makanan berkalori dan berlemak tinggi. Hal ini malah dapat menjadi bumerang.

Makanan pada saat sahur dan berbuka tetap harus memiliki komposisi karbohidrat, protein dan lemak yang seimbang. Pada saat sahur pilihlah makanan yang cukup padat namun tidak berlemak tinggi sehingga cukup untuk memberikan energi.

Pada saat berbuka, berbukalah dengan cairan dan makanan berserat seperti buah dan sayur untuk menurunkan kadar rasa lapar sehingga tidak makan terlalu banyak saat berbuka. Sekitar 30-60 menit kemudian, barulah mulai makan malam normal dengan variasi makanan sehat gizi berimbang.

Dengan berpuasa yang baik dan sehat, bukan hanya jiwa Anda yang sehat, tapi juga tubuh Anda.

You May Also Like