Mekanisme Inisiasi Duri Dendritik Telah Ditemukan

duri dendritik
duri dendritik
Gambar ini menunjukkan kerangka waktu dari MIM dan dinamika F-aktin selama inisiasi duri dendritik. MIM menginisiasi duri dendritik dengan kopling phosphoinositide-signaling, pembengkokan membran langsung dan aktin tersusun bersama-sama untuk memastikan sinaptogenesis yang tepat.(Credit: Pirta Hotulainen and Juha Saarikangas)

Bhataramedia.com – Para peneliti dari University of Helsinki, ETH Zürich, Aix-Marseille dan German Mouse Clinic bekerja sama untuk menyelidiki proses inisiasi duri dendritik. Mereka menemukan bahwa protein yang disebut MIM membengkokkan membran plasma untuk membantu pembentukan duri dendritik dari permukaan dendrit neuron (sel saraf).

Penemuan ini penting, karena sebagian besar koneksi saraf, yang disebut sinapsis, dibentuk oleh duri dendritik. Pada kebanyakan penyakit sistem saraf pusat, terjadi perubahan kepadatan duri dendritik.

“Memahami mekanisme molekuler yang mendasari proses inisiasi duri dendritik memungkinkan kita untuk memanipulasi tingkat inisiasi dan kepadatan. Di masa depan, pengetahuan ini dapat membantu untuk pengembangan intervensi terapi penyakit saraf, yang didasari oleh perubahan kepadatan duri dendritik, seperti gangguan spektrum autisme, Schizophrenia atau penyakit Alzheimer. Selain itu, temuan ini akan membantu kita untuk memahami dasar molekuler mengenai proses pembelajaran, mengingat duri dendritik segera terinisisasi selama proses belajar,” kata pemimpin proyek, Pirta Hotulainen dari Neuroscience Center, University of Helsinki.

Penelitian ini merupakan kolaborasi antara banyak kelompok penelitian berbeda yang menggabungkan biologi sel hingga ilmu saraf. “Satu kelompok penelitian saja, tidak dapat mencapai pandangan komprehensif dari mekanisme inisiasi duri dendritik dan menunjukkan pentingnya untuk fungsi otak,” kata Pirta Hotulainen, seperti dilansir University of Helsinki (05/06/2015).

Referensi Jurnal :

Pirta Hotulainen et al. MIM-Induced Membrane Bending Promotes Dendritic Spine Initiation. Developmental Cell, June 2015 DOI: 10.1016/j.devcel.2015.04.014.

You May Also Like