Jika Bayi Anda Sering Menangis, Ini yang Harus Dilakukan

ibu dan bayi, anak
ibu dan bayi, anak
Ibu dan anak.

Bhataramedia.com – Bayi yang menangis merupakan hal yang wajar terjadi dan itu merupakan bahasa harian bagi si bayi. Namun para orang tua yang memiliki bayi kecil akan merasa cemas, apakah bayi dalam keadaan sehat yang sedang berkomunikasi ingin sesuatu atau sedang memberikan “kode” bahwa ia sedang sakit.

Untuk mengenali hal tersebut, dan bagaimana agar bayi tercinta kita tidak menangis lagi, simak tips berikut ini.

Memberinya ASI

Bagi seorang bayi saat menangis biasanya sedang lapar, maka dari itulah seorang ibu musti pandai, bahwa anaknya tengah membutuhkan air susu dari ibunya. Berikan air susu dari ibu kandung, selama bayi membutuhkannya.

Rasa lapar yang dialami oleh bayi berbeda dengan jam orang lapar orang dewasa, kadang di tengah malam, atau di jam-jam orang kerja. Sehingga wajar, apabila jam tiga pagi, bayi kita merasa lapar dan membutuhkan ASI.

Buat suasana nyaman

Membuat bayi merasa nyaman dan hangat. Berikan pakaian yang lembut dengan kain. Pakaian yang lembab, atau tempat tidur yang panas seringkali membuat bayi jadi lebih gerah dan membuatnya sering menangis.

Maka dari itulah tempatkan bayi di tempat yang redup cahaya, tidak terlalu panas, dan kondisi tempat tidur yang nyaman.

Diayun-ayun atau diemban

Menggoyang pelan-pelan tubuh bayi saat ia menangis juga akan membuatnya merasa nyaman, terutama didekap pangkuan ibunya.
Mengubah posisi bayi.

Jika bayi Anda menagis dalam posisi terlentang di dekat Anda, Anda bisa mengubah posisi dengan posisi kepala berada dekat pundak Anda dan bagian perut ada pada bagian tangan. Buat bayi merasa lebih nyaman dari posisi semula.

Dipijat lembut

Pijat-pijat sedikit tubuh bayi, agar ia merasa dekat dengan ibunya. Anak bayi yang masih kecil biasanya masih lebih membutuhkan dekapan ibunya, sehingga sentuhan lembut oleh orang tua akan membuat bayi merasa nyaman.

Itulah beberapa cara menenangkan dan mendiamkan bayi yang sedang menangis. Jika hal itu tidak begitu berhasil, konsultasikan pada dokter atau bidan terdekat untuk mendapatkan jawaban dari penyebab medis bayi terus menangis.

Karena biasanya bayi yang terus menangis, pertanda bahwa bayi tersebut sedang sakit. Cek kondisi suhu tubuh si bayi, apakah terus berkeringat di bagian kepalanya atau tidak.

You May Also Like