Categories: Education

Kenali 5 Ciri-ciri Kampus yang Memiliki Mutu Pendidikan Baik

Tampilan halaman utama website webometrics.info.

Bhataramedia.com – Ada tanda perguruan tinggi baik swasta atau pun negeri memiliki kriteria di sebut sebagai kampus yang memiliki mutu pendidikan yang baik. Ini penting, untuk para lulusan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan saat menentukan perguruan tinggi yang baik untuk masa depannya.

Agar Anda tidak salah langkah dalam menentukan kampus mana saja yang pas untuk mengejar cita-cita Anda, maka coba simak lima ciri-ciri kampus yang memiliki mutu pendidikan yang tinggi.

Tingkat penerimaan kerja para lulusan

Satu yang menjadi penanda bagusnya mutu pendidikan di suatu perguruan tinggi adalah karena tingkat penerimaan kerja yang tinggi. Misal, dalam 100 lulusan, 99 orang dari mereka telah bekerja dan hanya satu orang yang masih belum bekerja. Ini menjadi penanda bahwa perguruan tinggi memang lulusannya banyak dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini.

Akreditasi tinggi

Lalu yang ke-dua adalah, akreditasi jurusan dan akreditasi kampus tinggi juga. Akreditasi penting dalam menilai program jurusan di satu perguruan tinggi, mahasiswa seringkali menyesal saat mereka lulus, ternyata akreditasi mereka masih minim, jauh dari angka normatif. Sehingga saat mereka lulus masih dikesampingkan oleh pasar kerja. Ini akibat nilai akreditasi program studinya masih di bawah rata-rata pendidikan tinggi.

Related Post

Fasilitas pembelajaran yang memadai

Salah satu hal yang membuat pendidikan tinggi bermutu tinggi adalah fasilitas penunjang proses pembelajaran dan pengajaran lengkap. Memang fasilitas yang lengkap bukan faktor utama mahasiswa akan menjadi lebih pintar, terampil, dan mandiri. Tetapi mahasiswa akan memiliki banyak referensi dan wahana yang kompleks, terutama ruang laroraturium, suatu kampus wajib memilikinya.

Kurikulum yang sesuai

Ciri yang ke-empat kampus dikatakan sebagai perguruan tinggi yang modern adalah kampus yang menggunakan kurikulum yang sesuai. Kampus yang tidak mengikuti standar kurikulum yang berlaku, menandakan bahwa kampus tersebut kurang up to date, sehingga bisa dikatakan kampus tersebut masih kurang bagus dalam hal penilaian mutu pendidikannya.

Penilaian IPK secara objektif

Banyak kampus-kampus yang ada di Indonesia memberikan nilai tinggi kepada para mahasiswanya, dengan sembarangan. Padahal, nilai IPK harus bisa dipertanggungjawabkan secara moril dan materil.

Jika Anda menemukan kampus yang ternyata asal-asalan dalam memberikan nilai kepada mahasiswanya, itu pertanda mutu pendidikan di suatu perguruan tinggi kurang berkualitas.

Itulah lima, penanda perguruan tinggi yang memiliki mutu pendidikan yang baik dan cocok untuk Anda ikuti.

Windu Merdekawati

Recent Posts

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Bhataramedia.com – Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi – Tidak hanya foto, video, atau konten lainnya,…

1 hari ago

Cara Memunculkan dan Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Whatsapp

Bhataramedia.com - Cara Memunculkan dan Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Whatsapp. Tentunya kamu tahu bahwa pada aplikasi…

5 hari ago

Beberapa Fitur Rahasia Gmail yang Jarang Diketahui

Bhataramedia.com - Seiring bertambahnya waktu, teknologi canggih yang adapun semakin memperbaharui segala sistem dan fitur…

6 hari ago

Cara Menggunakan Monetary Telkomsel

Bhataramedia.com – Cara Menggunakan Monetary Telkomsel – Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah fungsi Monetary yang ada di…

1 minggu ago

Cara Pembuatan SIM Online

Bhataramedia.com - Dalam berkendara, kita membutuhkan Surat Izin Mengemudi atau yang sering kita dengar dengan…

1 minggu ago

Cara Membuat Beberapa Foto Menjadi Instagram Grid

Bhataramedia.com - Semakin kesini, nampaknya pengguna Instagram semakin memperlihatkan dan menunjukkan kebolehan mereka dalam membuat…

1 minggu ago