Cara untuk Menjadi Orang Tua yang Baik

orang tua, anak

Bhataramedia.com – Tuntutan menjadi panutan yang baik bagi anak-anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang tua. Hal ini tak lain adalah untuk mendidik anak-anak agar memiliki perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun terlihat mudah, hal ini sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan. Dibutuhkan kerja sama yang solid dan konsisten dalam memberikan contoh yang baik pada anak-anak dalam keadaan apapun.

Tips berikut ini akan membantu Anda sebagai orang tua dalam menjalankan kewajibannya dengan baik, yakni menjadi panutan bagi anak-anak Anda.

1. Memberikan Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Kasih sayang yang tulus dari hati dan tanpa paksaan atau tekanan apapun akan memberikan dampak positif bagi anak-anak. Akan tetapi, ingatlah untuk tidak menunjukkan kasih sayang dalam bentuk barang-barang tertentu. Sebagian orang tua mengira bahwa dengan memberikan mainan kesukaan anaknya atau pun uang untuk jajan anaknya itu cukup untuk menunjukkan kasih sayang mereka. Padahal tidak seperti itu, anak-anak menginginkan kasih sayang yang tulus dan nyata. Misalnya saja meluangkan waktu untuk bermain atau bercanda dengan anak-anak.

2. Menahan Emosi

Saat orang tua tengah memiliki masalah tertentu sebaiknya tidak melampiaskan kemarahan tersebut kepada anak-anaknya. Rendamlah emosi tersebut saat berada di depan anak-anak. Bersikaplah seolah-olah tidak memiliki masalah apa pun. Dengan begitu anak-anak tidak akan mencemaskan masalah yang tidak dimengertinya.

3. Mengenali Anak-Anak dengan Baik

Sebagai orang tua sudah sepatutnya menjadi orang yang lebih tahu dan mengenali anak-anaknya dengan baik. Untuk mengetahui hal tersebut, maka orang tua perlu meluangkan banyak waktu dengan anak-anaknya, bermain dengan anak-anaknya dan mengajak bicara anak-anaknya. Dengan begitu anak-anak nantinya merasa orang tua adalah temannya, tempat berbagi berbagi berbagai cerita maupun masalah. Sehingga anak-anak pun tak akan menjadi pribadi yang tertutup dan orang tua akan segara mengetahui jika ada sesuatu yang salah dengan anaknya.

4. Mengajarkan Hal yang Benar

Ajarkan hal-hal yang benar dan baik kepada anak-anak. Bukan membenarkan apa yang dilakukan oleh anak-anak. Hal ini akan membuat yang salah terasa benar bagi anak-anak Anda. Karenanya bersikaplah tegas bila anak-anak melakukan kesalahan, lalu beri perbaiki kesalahan tersebut bersama. Selain itu, berilah pujian ketika anak-anak melakukan hal yang benar.

You May Also Like