Program Beasiswa dari R-ZIS UGM

beasiswa, R-ZIS UGM

Bhataramedia.com – Permasalahan biaya seringkali menjadi kendala untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Akan tetapi, persoalan ini bisa diatasi dengan program beasiswa yang banyak tersedia. Apalagi kalau memiliki presentasi dibidang akademik, tentunya kesempatan untuk memperoleh beasiswa pun semakin besar. Jadi dengan adanya beasiswa ini bisa membantu biaya kuliah mahasiswa yang kurang mampu secara materi.

Seperti yang dialami oleh 212 mahasiswa beruntung yang memperoleh beasiswa dari Rumah Zakat Infaq dan Shodaqoh (R-ZIS) UGM. Secara resmi, pada hari Rabu (16/04) bertempat di Balairung UGM Direktur Kemahasiswaan UGM Dr. Senawi, M.P menyerahkan beasiswa tersebut kepada para mahasiswa yang berhak. Proses penyerahan beasiswa ini disaksikan oleh pihak-pihak terkait seperti Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi Dr. didi Achjari, S.E., Akt., M.Com, Direktur Operasional R-ZIS, Taufikur Rahman, S.E., MBA, dan Perwakilan CIMB Niaga Syariah Nurrahma S.

Dr. didi Achjari, S.E., Akt., M.Com mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama berbagai pihak sehingga program beasiswa ini berjalan lancar. “Terima kasih untuk para mitra yang telah memberi bantuan beasiswa atau tambahan beasiswa yang mungkin selama ini dari mereka yang mendapat beasiswa BIDIK MISI perlu untuk mendapat tambahan. Sehingga apa yang diberikan bapak ibu semua betul-betul bisa membantu para mahasiswa,” tutur Didi, seperti dikutip dari website resmi UGM (16/04/2015).

Sementara itu, Taufikur Rahman, S.E., MBA, selaku Direktur Operasional R-ZIS menjelaskan mengenai dana beasiswa ini. Menurut Taufikur dana beasiswa ini diperoleh dari dana yang berasal dari dalam yakni dana yang diperoleh dari sumbangsih para karyawan dan dosen UGM yang jumlahnya sebesar 159 juta rupiah. Selain itu, terdapat pula dana yang berasal dari luar yaitu dana yang diperoleh dari sumbangan para alumni dengan jumlah sebesar 205 juta dan sumbangan dari berbagai lembaga bank seperti CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. “Total sumber dana tahun 2014 sekitar 700 juta, yang 50 persen lebih untuk beasiswa S1 dan vokasi di UGM serta lainnya untuk beasiswa SMA, SMP dan SD dan SLB. Jadi total untuk alokasi beasiswa 391 juta,” jelas Taufikur.

Selain program beasiswa, R-ZIS ini juga mempunyai program pengabdian untuk masyarakat. “Selain beasiswa, kita juga melakukan pengabdian untuk beberapa masyarakat di Yogyakarta. Diantaranya penyaluran sembako senilai 135 juta untuk 204 warga sekitar kampus. Mereka yang menerima ini adalah masyarakat dari golongan tidak mampu dan menerimakan sembako tiap bulan,” pungkas Taufikur.

You May Also Like