Kadal Laut Raksasa di Zaman Dinosaurus : Sebuah Awal Baru Bagi Bayi Mosasaurus

mosasaurus

Bhataramedia.com – Para peneliti di Yale University dan University of Toronto telah menemukan cerita kelahiran baru untuk kadal laut raksasa yang pernah menjelajahi lautan.

Berkat spesimen yang baru-baru ini diidentifikasi di Yale Peabody Museum of Natural History, ahli paleontologi sekarang percaya bahwa mosasaurus, yang dapat tumbuh hingga panjang 50 kaki, melahirkan anak mereka di laut terbuka, tidak di dekat pantai.

Dilansir Yale University (10/04/2015), temuan ini menjawab pertanyaan mengenai lingkungan awal predator ikonik yang hidup pada masa dinosaurus. Mosasaurus menghuni sebagian besar perairan di Bumi sebelum kepunahan mereka 65 juta tahun yang lalu.

“Mosasaurus adalah salah satu kelompok yang paling dipelajari dari hewan vertebrata Mesozoic, namun bukti mengenai bagaimana mereka dilahirkan dan ekologi bayi mosasaur secara historis sulit dipahami,” kata Daniel Field, penulis utama penelitian yang diterbitkan secara online tanggal April 10 di jurnal Palaeontology. Daniel merupakan kandidat doktor di lab Jacques Gauthier di Departemen Geologi dan Geofisika, Yale University.

Di dalam studi mereka, Daniel dan rekan-rekannya menggambarkan spesimen mosasaurus termuda yang pernah ditemukan. Daniel telah menemukan fosil tersebut di dalam koleksi Yale Peabody Museum. “Spesimen ini dikumpulkan lebih dari 100 tahun yang lalu. Fosil tersebut sebelumnya telah diduga milik burung laut kuno,” kata Daniel.

Daniel dan Aaron LeBlanc, seorang kandidat doktor di University of Toronto Mississauga, menyimpulkan bahwa spesimen tersebut menunjukkan berbagai fitur rahang dan gigi yang hanya ditemukan di mosasaurus. Selain itu, fosil ditemukan pada lokasi yang dulunya merupakan lautan terbuka.

“Satu-satunya fitur mirip burung dari spesimen tersebut adalah ukurannya yang kecil,” kata LeBlanc. “Bertentangan dengan teori-teori klasik, temuan ini menunjukkan bahwa mosasaurus tidak bertelur di pantai dan mosasaurus yang baru lahir kemungkinan tidak tinggal di dekat pantai yang terlindung,” jelas dia.

Referensi :

Field, D. J., LeBlanc, A., Gau, A., Behlke, A. D. Pelagic neonatal fossils support viviparity and precocial life history of Cretaceous mosasaurs. Palaeontology, 2015 DOI: 10.1111/pala.12165.

You May Also Like