Cara Meningkatkan Masa Daya Tahan Baterai iPhone di iOS 11

iOS 11 baru saja dirilis oleh Apple, dan Anda dapat menginstalnya sekarang . Secara keseluruhan, ada beberapa fitur bagus. Tapi bagaimana cara menghitung baterai dengan bijak di iPhone? Dan bagaimana Anda bisa meningkatkan daya tahan baterai iPhone Anda?

Tidak peduli versi iOS, Sebab iPhone memang lebih dulu terkenal sebagai perangkat dengan konsumsi daya baterai yang signfikan. Dan itu mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya. Namun di iOS 11 konsumsi ini mungkin bisa  meningkat. Melihat banyaknya penambahan elemen-elemen dibelakang layar.

Walaupun begitu, Anda dapat meningkatkan berapa lama daya tahan baterai iPhone Anda di iOS 11. Sebagian besar tips ini dapat diterapkan ke iPad dan iPod touch juga, bahkan dapat juga diterapkan di iOS lebih lawas.

Mengoptimalkan Masa Pakai Baterai iPhone

Lebih lanjut berikut beberapa poin yang dapat meningkatkan daya tahan baterai iphone. Khususnya untuk iOS 11:

  1. Tunggu Beberapa Hari Setelah Upgrade iOS 11

Jika Anda baru saja mengupdate iPhone ke iOS 11, berikan beberapa hari untuk reindex sepenuhnya dan cache semuanya sebelum Anda mulai panik. Hal-hal yang harus dinormalisasi setelah satu atau dua hari, atau bahkan sedikit waktu. Jadi berikan sedikit waktu. Jika itu tidak melakukan perubahan untuk Anda atau Anda ingin menyelam langsung ke pengaturan , maka teruslah membaca poin dibawah untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan.

  1. Periksa Penggunaan Baterai

Langkah pertama untuk melihat masalah baterai Anda adalah dengan melihat di mana masalahnya mungkin terjadi. Jadi arahkan ke Settings -> Battery . Anda harus dapat melihat aplikasi apa yang menghabiskan baterai iPhone selama 24 jam terakhir, dan juga periode waktu lainnya (biasanya tujuh hari).

Jika Anda menyentuh salah satu aplikasi dalam daftar, atau jika Anda mengetuk ikon jam di pojok kanan atas di samping tab waktu. Anda akan melihat berapa banyak waktu setiap aplikasi telah digunakan di layar. Juga seberapa banyak waktu aplikasi telah menghabiskan baterai di latar belakang layar.

Jika aplikasi Anda tampaknya menghabiskan waktu yang luar biasa lama di latar belakang. Anda hanya perlu mempertimbangkan untuk menghapus, menonaktifknya atau jarang menggunakannya.

  1. Menonaktifkan Fungsi “Background App Refresh”

Fungsi Background App Refresh ini memungkinkan aplikasi Anda terus berjalan di latar belakang saat Anda berfokus pada tugas lainnya. Ini bisa berguna, tapi baterai Anda juga mudah habis. Untuk memperbaiki masa pakai baterai setiap hari, nonaktifkan saja fitur ini.

Anda bisa menemukannya dengan mengarahkan ke Settings -> General -> Background App Refresh . Anda dapat menonaktifkan fitur ini untuk aplikasi tertentu yang menunjukkan aktivitas latar belakang yang berat, atau Anda dapat menonaktifkan semua aktivitas latar belakang.

Namun Anda juga bisa menonaktifkan secara keseluruhan dengan menghilangkan centang saklar untuk pilihan “Background App Refresh”.

  1. Nonaktifkan Data Seluler Menggunakan Wi-Fi

Jika Anda terhubung ke Wi-Fi, Anda juga tidak memerlukan iPhone untuk mencari data. Ada dua cara untuk mematikan data di iOS 11. Pertama, Anda tinggal menekan ikon Data Seluler baru di Control Center .

Kedua, Anda bisa mengarahkan ke Settings -> Cellular -> Cellular Data, lalu nonaktifkan Cellular Data di bagian atas halaman. Ingatlah untuk mengaktifkannya kembali saat Anda tidak lagi terhubung Wi-Fi.

Woiden sendiri biasanya langsung mengkatifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) ketika sedang terhubung Wi-Fi. Namun risikonya adalah seseorang tidak dapat menghubungi Anda atau pesan seluler tidak akan Anda terima sampai Anda menonaktifkan Airplane mode kembali.

  1. Nonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth & Airdrop Bila Tidak Dibutuhkan

Anda tidak selalu terhubung dengan fitur ini, namun saat dinyalakan. Fungsi ini cukup menguras baterai.

Bila Anda tidak memerlukan koneksi ini, Anda dapat membuka aplikasi Setelan dan mengetuk Bluetooth atau Wi-Fi untuk menemukan tombol off untuk fitur tersebut. Untuk AirDrop, cukup gesek ke atas dari bagian bawah layar iPhone Anda untuk melihat menu Control Center.

Tekan lama atau sentuh 2 tekanan (3D Touch) pada panel konektivitas, ketuk AirDrop, lalu atur ke “Receiving Off.” Perhatikan bahwa mengetuk kontrol Bluetooth atau Wi-Fi di sini tidak akan mematikannya.

  1. Mengatur Fungsi Senter

Jika sebelumnya Anda memiliki perangkat dengan dukungan fungsi 3D Touch, Anda selalu dapat menyetel daya senter ke posisi rendah. Dimana ini membantu meminimalkan pemakaian daya saat menggunakan lampu senter.

Sekarang, di iOS 11, yang tanpa 3D Touch Anda hanya bisa menekan laman/tahan untuk mengakses pengaturan ini, dan pengaturan terendah bahkan lebih rendah dari sebelumnya sekarang.

  1. Hidupkan Wi-Fi Assist On

Tip Wi-Fi lainnya adalah mengaktifkan setelan sekaligus menonaktifkannya. Wi-Fi Assist akan otomatis masuk ke seluler saat koneksi Wi-Fi Anda lemah. Ini akan menghemat baterai iPhone Anda karena harus mencoba terhubung ke sinyal yang buruk.

Untuk mengaktifkannya, arahkan ke Settings -> Cellular. Kemudain scroll sampai ke bagian bawah laman. Maka Anda akan menemukan pilihan Wi-Fi Assist, dan cukup mengaktifkannya melalui bagian tersebut.

  1. Menonaktifkan Widgets

Widget sangat berguna untuk melihat sekilan informasi aplikasi tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Widget ini muncul di layar depan iPhone Anda sebagai notifikasi ataupun informasi rincian yang singkat.

Namun, dibalik fungsinya yang cukup baik. Widget ini juga cukup menguras baterai, sebab fungsinya akan selalu aktif setiap saat selama iphone Anda hidup.

Anda dapat menonaktifkan widget di iphone Anda dengan cara mengarahkan ke layar awal dimana widget terlihat (Home dan Lockscreen). Kemudian arahkan atau swipe layar kebagian paling bawah hingga Anda menemukan tombol betuliskan “Edit”.

Cukup klik tombol ini dan hapus semua widget yang tidak perlu di iphone Anda untuk menghemat lebih banyak baterai di iphone Anda.

  1. Mengaktifkan Fungsi Low Power Mode

Low Power Mode merupakan salah satu fitur terbaik iOS beberapa tahun belakangan. Fitur ini akan menonaktifkan penggunaan baterai dari aktivitas perangkat yang terindikasi menguras baterai secara signifikan.

Fitur ini dapat Anda aktifkan melalui perintah SIRI atau dengan membuka pengaturan dan mengarahkan ke Settings -> Battery -> Low Power Mode.

  1. Balik Layar iPhone ke Bawah

Mungkin akan terkesan ngaco untuk penerapan ini. Namun ada baiknya ketika iPhone Anda sedang tidak Anda gunakan, untuk diletakkan dengan posisi layar menghadap kebawah atau tertutup.

Salah satu metode ini cukup baik karena Apple telah menyertakan fitur hemat baterai di iOS untuk pengguna yang meletakkan ponsel mereka ke arah bawah.

Saat layar iPhone menghadap ke permukaan, notifikasi tidak akan mengaktifkan tampilan dan layar tetap redup. Namun sebaliknya jika layar menghadap keatas, dan ketika sebuah pesan atau notifikasi masuk, layar akan hidup sedetik untuk menandakan sebuah notifikasi telah masuk.

Ini mungkin tidak terlalu signifikan, namun jika Anda memiliki akun dengan sejuta notifikasi perdetiknya, ni cukup berpengaruh.

  1. Menonaktifkan Siri

“Hey Siri” bisa menjadi aset ketika Anda tidak dapat menggunakan tangan Anda untuk mengaktifkan asisten iOS Anda. Namun, “Hey Siri” hanya kompatibel untuk bahasa Inggris, sehingga Anda yang tidak fasih speaking English mungkin Anda dapat menoaktifknya.

Related Post

Untuk menonaktifkanyanya, arahkan ke Settings -> Siri & Search , lalu toggle Listen for “Hey Siri” .

  1. Nonaktifkan Auto-Play Video untuk Aplikasi Tertentu

Ini akan bagus untuk masa pakai baterai dan data seluler Anda. Facebook, Instagram dan Twitter terkenal karena memungkinkan video diputar secara otomatis saat menggulir feed berita. Ini memakan baterai Anda dan sedikit menggelikan kecuali Anda ingin menonton setiap video yang Anda lihat dari umpan/beranda Anda.

Untuk Facebook , Anda perlu membuka aplikasi, lalu masuk ke tab Menu . Ketuk pada Settings -> Account Settings -> Videos and Photos , ketuk Autoplay, dan pilih Never Autoplay Videos .

Di Twitter , ketuk ikon profil Anda, lalu Setelan dan privasi -> Penggunaan data -> Video autoplay . Pilih Never untuk memaksimalkan masa pakai baterai saat menggunakan Twitter.

  1. Kurangi Gerak

iOS memiliki fitur gerakan unik membuat pengalaman terasa lancar, seperti animasi peluncuran aplikasi dan efek paralaks di layar awal. Yang benar adalah gerakan ini berpengaruh pada masa pakai baterai Anda. Untuk menonaktifkannya, masuk ke Settings -> General -> Accessibility -> Reduce Motion.

  1. Mengaktifkan Layanan Lokasi (GPS) Hanya Untuk Aplikasi (Atau Tidak Sama sekali)

Layanan Lokasi GPS sangat bagus untuk membantu Anda menemukan tujuan Anda dan apa yang ada di sekitar Anda, namun tidak begitu bagus untuk masa pakai baterai Anda.

Beberapa aplikasi akan secara default bahkan mengharuskan menggunakan lokasi Anda, seperti halnya aplikasi Gojek yang mengharuskan menaktifkan layanan lokasi GPS ketika hendak melakukan order.

Anda dapat menonaktifkan layanan lokasi ini sama sekali atau hanya untuk aplikasi tertentu saja. Cararanya, arahkan ke Settings -> Privacy -> Location Service.

  1. Nonaktifkan Auto-Brightness (Kecerahan Otomatis)

Anda bisa mengendalikan kecerahan display Anda dari Control Center untuk beberapa iterasi IOS sekarang. Tidak ada satu penggunaan untuk Kecerahan Otomatis, dan sebagian besar waktu fungsinya salah dan perlu Anda pertimbangkan untuk masa pakai baterai Anda.

Untuk menonaktifkanya arahkan ke Settings ->. Accessibility -> Accomodation Display. Kemudian nonaktifkan Auto-Brightness (Sebelumnya, opsi ini tersedia di Settings -> Display & Brightness).

  1. Nonaktifkan ‘Raise to Wake’

Ini adalah fitur yang muncul pertama kali di iOS 10 untuk model iPhone yang lebih baru. Ini sebenarnya fitur bagus dan merupakan fitur andalan Woiden sendiri. Tapi fitur ini selalu menyalakan layar saat Anda tidak menginginkannya atau tidak sengaja mengalami guncangan.

Setiap kali tanpa sengaja dipicu, itu menguras beberapa baterai, jadi nonaktifkan saja. Arahkan Ke Setttings -> Display & Brightness, lalu matikan “Raise to Wake”.

  1. Nonaktifkan Pemberitahuan untuk Aplikasi Tertentu

Mungkin tidak semua aplikasi ingin Anda ketahui pemberitahuan yang masuk. Sama halnya Woiden sendiri. Ada beberapa aplikasi yang tidak ingin tahu notifikasi yang masuk. Entah karena mungkin ketidakpentingannya aplikasi itu atau dengan tujuan lainnya.

Namun sisi baiknnya, secara tidak langsung ini juga memberikan dampak terhadap masa penggunaan baterai iPhone Anda. Jadi untuk menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu, cukup arahkan ke Settings -> Notifications.

Kemudian cari dan nonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu yang Anda inginkan melalui daftar list aplikasi yang terinstall di laman tersebut.

  1. Menonaktifkan Siri Suggestions

Tahap ini berkaitan dengan poin 11 diatas. Jika Anda benar-benar tidak ingin menonaktifkan fitur Siri. Anda mungkin dapat menonaktifkan salah satu fungsinya yaitu Siri Suggestions.

Siri Suggestion akan membantu Anda mencari aplikasi yang ingin Anda buka dengan cepat. Namun fitur ini juga cukup banyak menguras baterai. Jadi Anda dapat menonaktifkannya Settings –> Siri & Search, kemudian scroll kebawah sampai Anda melihat pilihan Siri Suggestions.

  1. Menonaktifkan iCloud Preferences

Jika Anda hanya memiliki satu perangkat iOS, Anda mungkin tidak merasa perlu menggunakan iCloud untuk aplikasi tertentu. Jadi ketika Anda ingin menonaktifkannya, Maka Anda hanya perlu mengetuk nama Anda di bagian atas laman Settings, lalu ketuk iCloud. Batalkan pilihan aplikasi dan pengaturan yang tidak berlaku untuk Anda. Ini akan menghemat baterai karena iphone Anda tidak akan mencoba mengunggah data ke layanan icloud sepanjang hari.

  1. Mengatur Sejarang Mungkin iPhone Meminta Data

Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa perangkat sesering mungkin meminta data ketika iphone setiap kali untuk akses aplikasi atau layanan tertentu. Tujuan untuk tetap menjaga keterbaharuan informasi dan akun dari layana aplikasi tertentu.

Ini cukup baik untuk menjaga keamanan iphone Anda. Namun ketika ini menjadi semakin sering, malah akan membuat iphone Anda semakin menguras baterai.

Jadi untuk mengubah intensitas itu semakin jarang Anda lalui, arahkan ke Settings -> Account & Passwords -> Fetch New Data.

  1. Jangan Kirim Data ke Apple

Apple ingin Anda mengirimkan data diagnostik dan data lainnya dari iPhone Anda, terutama bagi pengguna beta, yang pada gilirannya menggunakan baterai Anda. Untuk menonaktifkan fitur ini, buka Settings -> Privacy -> Analytics , dan nonaktifkan Share iPhone Analytics (jika Anda memiliki Apple Watch, ini akan muncul sebagai Share iPhone & Watch Analytics).

  1. Nonaktifkan Layanan Lokasi GPS Signifikan

Pengaturan yang sangat tersembunyi ini memungkinkan iPhone Anda untuk merekam lokasi Anda yang paling sering dikunjungi untuk memberikan layanan lokasi yang lebih baik dalam aplikasi. (Dulu disebut “Frequent Locations.”) Untuk memaksimalkan masa pakai baterai Anda, matikan fitur ini dengan mengarahkan ke Settings -> Privacy -> Location Services -> System Services -> Frequent Locations , lalu nonaktifkan.

  1. Nonaktifkan Aplikasi Disarankan untuk Lock Screen & App Switcher

Jika Anda pernah melihat ikon kecil di bagian bawah layar kunci (Lockscreen) atau di pengalih aplikasi, berarti Anda mengaktifkan fitur ini. IPhone Anda akan melacak lokasi Anda dan menyajikan aplikasi yang Anda rasa akan berguna bagi Anda untuk dibuka. Jika kenyamanan ini tidak sesuai dengan penggunaan baterai untuk Anda, buka Settings -> Privacy -> Location Service -> System Service sekali lagi, lalu nonaktifkan.

  1. Menonaktifkan Semua Pengaturan Lokasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua system service yang menggunakan penjaringan lokasi untuk cukup menguras baterai. Beberapa diantaranya seperti Emergency SOS, Location-Based Alerts, Location-Based Apple Ads, Share My Location,” iPhone Analytics, Popular Near Me, Improve Maps.

Jadi mungkin Anda perlu menonaktifkan semua fungsi diatas untuk memaksimalkan penggunaan masa pakai baterai di iphone Anda.

  1. Mengaktifkan Fitur ‘Limit Ad Tracking’

Ini adalah salah satu fitur yang sebenarnya perlu Anda aktifkan. Saat diaktifkan, iPhone Anda akan membatasi berapa banyak yang dilacak dan dianalisis untuk periklanan berbasis lokasi. Untuk menonaktifkannya arahkan ke Settings -> Privacy -> Adversiting -> Limit Ad Tracking.

  1. Nonaktifkan Fitur Motion & Fitness

IPhone Anda dapat membantu melacak kebugaran Anda sepanjang hari, namun ini dilengkapi dengan konsumsi baterai. Untuk menonaktifkan pelacakan kebugaran, buka Setelan -> Privasi -> Motion & Fitness, dan nonaktifkan Fitness Tracking .

  1. Nonaktifkan Handoff

Handoff bisa sangat berguna saat berpindah antar perangkat Apple. Jika Anda hanya memiliki iPhone, atau Anda tidak bekerja di perangkat lainnya, fitur ini tidak akan berguna bagi Anda namun tetap dapat membahayakan masa pakai baterai Anda. Nonaktifkan dengan dari Settings -> General -> Handoff .

  1. Menonaktifkan Beberapa Pengaturan App Store

Jika Anda memasang aplikasi di iPad Anda, Anda dapat mendownloadnya secara otomatis ke iPhone Anda juga. Hal ini, tentu saja, bisa terjadi bila daya baterai Anda rendah, jadi sebaiknya atur dulu manual ini sehingga Anda dapat mendownloadnya bila Anda memiliki cukup baterai dan kuota untuk melakukannya.

Buka Settings -> iTunes & App Store , lalu matikan “Apps” dari daftar. Woiden juga menyarankan Anda menonaktifkan “Updates”, terutama jika Anda memiliki banyak aplikasi di iPhone Anda.

Penutup:

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan pada 28 tip cara meningkatkan data tahan baterai iphone, terkhsus untuk ios 11. Selebihnya jika Anda memiliki cara ke 29 atau ada hal yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago