Kunci Menjadi Mahasiswa Tangguh Dan Sukses

Bhataramedia.com – Menjadi seorang mahasiswa tidak semudah seperti yang dibayangkan. Diperlukan ketekunan dan kesungguhan dalam melakoni peran seorang mahasiswa. Seringkali kita mendengar adanya istilah mahasiswa abadi yang tak kunjung lulus menjadi seorang sarjana. Hal ini semakin membuktikan bahwa menjadi mahasiswa memang tak mudah. Apalagi untuk mereka yang kuliah karena gengsi saja.

Menyadari persoalan di atas merupakan hal yang penting untuk dibahas. UPT Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mengadakan rasa seminar yang bertema “Mahasiswa Tangguh dan Sukses”. Seminar ini juga bertujuan untuk membekali para mahasiswanya agar menjadi mahasiswa yang tangguh dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan padat. Serta untuk membekali para mahasiswanya agar sukses di masa mendatang.

Acara seminar yang diselenggarakan pada Kamis (02/04) ini mendatangkan seorang dosen dari Universitas Jember selaku pembicara dalam acara seminar tersebut. Dosen tersebut adalah Drs Mahfut Aslam MSc yang menyampaikan materi tentang sembilan kunci sukses menjadi seorang mahasiswa yang tangguh dan sukses.

Kunci pertama untuk menjadi seorang mahasiswa yang tangguh dan sukses menurut Aslam yakni terletak pada potensi diri. “Pertama, cari potensi diri kita dulu, kemudian berkomitmen penuhlah menjalankan hal tersebut,” tutur Aslam, seperti dilansir oleh website resmi ITS (02/04/2015).

Kunci menjadi seorang mahasiswa yang tangguh dan sukses berikutnya adalah menetapkan apa tujuan hidup yang ingin diraih dan harus memetakan bagaimana cara meraih tujuan tersebut. Salah satu caranya menurut Aslam yakni dengan berani berpikir diluar “kotak” dan melakukan tindakan yang keluar dari zona nyaman.  ”Salah satunya adalah dengan meninggalkan zona nyaman, supaya bisa berfikir lebih kreatif,” jelas Aslam.

Selanjutnya, Aslam menerangkan unsur-unsur yang diperlukan untuk belajar sukses. Yakni belajar keras, cerdas, mawas, tuntas, dan ikhlas. Sehingga seorang mahasiswa tidak akan pernah lelah untuk belajar apabila menguasai kelima unsur-unsur tersebut. Selain itu, seorang mahasiswa harus mampu menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat sehingga waktu pun tak akan terbuang percuma dan hidup pun terasa maksimal. Jadi, belajar dan hidup maksimal merupakan kunci lain yang dapat dilakukan untuk menjadi mahasiswa yang tangguh dan sukses.

Selain itu, Aslam juga menambahkan bahwa doa dan dukungan dari orang tuas merupakan kunci sukses yang utama. “Untuk itu, berbakti dan berbuat baiklah kepada orang tua. Berusahalah untuk memenuhi harapannya, karena restu mereka adalah restu Tuhan juga,” tambah Aslam.

You May Also Like