Categories: Education

Unpad Gelar Seleksi Olimpiade Nasional MIPA

Bhataramedia.com – Subbagian Minat, Penalaran, dan Informasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad pada Kamis (19/03) memfasilitasi kegiatan seleksi Olimpiade Nasional MIPA- Perguruan Tinggi Tingkat Universitas yang bertempat di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor. Kegiatan seleksi untuk olimpiade bertaraf nasional ini diikuti sekitar enam puluh peserta dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad.

Para peserta yang berpartisipasi dalam seleksi ini akan diuji wawasan pengetahuannya yang diperoleh selama menempuh pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Enam puluh peserta yang mengikuti seleksi ini akan dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan bidang keilmuan yang sesuai minatnya. Ada empat bidang keilmuan yang bisa dipilih oleh peserta yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Setiap bidang keilmuan bisa dipilih dan diikuti oleh lima belas orang peserta.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan seleksi ini yakni untuk menyaring mahasiswa-mahasiswa Unpad terbaik yang akan menjadi perwakilan dari Unpad dalam mengikuti Olimpiade Nasional MIPA-Perguruan Tinggi Tingkat Wilayah Jawa Barat. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Budi Irawan, M.Si yang diwawancarai disela-sela kegiatan seleksi ini berlangsung. “Seleksi universitas ini digelar untuk mempersiapkan ke tingkat wilayah Jabar,” tutur Budi seperti dikutip dari website resmi Unpad (19/03/2015).

Related Post

Budi juga menambahkan setiap lembar soal pertanyaan dalam seleksi ini sengaja dibuat mirip dengan tipikal soal olimpiade. “Dengan seleksi ini, mahasiswa juga minimal tahu bagaimana tipikal soal olimpiade. Mungkin saja diantara mereka yang sudah mengikuti olimpiade waktu SMA. Namun, Olimpiade kali ini akan beda dan lebih berat soalnya,” ujar Budi.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi ini akan dilakukan pada tanggal 24 Maret 2015 ini. Peserta yang namanya berhasil lolos pada tahap seleksi ini akan mewakili Unpad pada 8 April sampai 9 April 2015 mendatang di Kopertis Wilayah 4 Jabar dalam kegiatan kompetisi Olimpiade Nasional MIPA-Perguruan Tinggi Tingkat Jawa Barat.

Diharapkan mahasiswa dari Unpad mampu memperoleh tiket menuju Olimpiade Nasional MIPA-Perguruan Tinggi Tingkat Nasional. Jika mahasiswa dari Unpad ini berhasil lolos mewakili wilayah Jabar, pihak Unpad pun akan memberikan berbagai perbekalan untuk mencapai kesuksesan dan berkompetisi dengan peserta dari perguruan tinggi lain dalam memperebutkan medali dan juga honorable mention.

Bayu Perisha

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago