Keseruan Acara Gowes Game Mahasiswa ITB

Gowes Game: Jelajahi Kota Bandung Secara Ramah Lingkungan. (Credit: www.itb.ac.id)

Bhataramedia.com – Ramainya penggunaan alat transportasi berbahan bakar minyak meningkatkan polusi udara. Hal ini merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan. Lingkungan yang sudah tercemar dapat berdampak pada segala hal, yang paling penting adalah dampak bagi kesehatan. Salah satu cara untuk meminimalisasi pencemaran lingkungan akibat polusi udara ini yakni dengan menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Seperti sepeda yang tidak memerlukan bahan bakar minyak dan bisa menyehatkan tubuh apabila dikendarai secara rutin.

Hal inilah yang sedang dicoba disosialisasikan oleh Kabinet Keluarga Mahasiswa dan unit Ganesha Bicyler dengan program Gowes Ganesha. Yakni bentuk gerakan yang mengajak mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Bandung untuk menggunakan sepeda ketika hendak kuliah sebagai bentuk kesadaran lingkungan. “Paling tidak, dalam sehari setiap minggu, mahasiswa ITB menggowes sepeda ke kampus,” ujar Jeffry Giranza selaku presiden KM-ITB 2014/2015, seperti dikutip dari website resmi ITB (24/02/2015).

Dalam mempromosikan program Gowes Ganesha ini mengadakan acara bersepeda berkeliling Kota Bandung yang dikemas dengan unik. Acara ini diberi nama Gowes Game dan berlangsung pada Sabtu (21/02/2015). Keunikan dari acara ini yakni peserta yang mengikuti acara ini tidak diberitahu rute yang harus ditempuh. Peserta yang terbagi menjadi beberapa regu ini harus mencari sendiri rute bersepeda tersebut dengan cara harus menjawab dengan tepat setiap petunjuk yang diperoleh disetiap titik pemberhentian yang telah ditentukan.

Selain itu, selama acara berlangsung terdapat tantangan lain yang harus dilewati setiap regu. Seperti tantangan mengunggah foto di instagram yang memiliki tema “Yuk Gowes” dan “Gerakan Pungut Sampah”. Regu yang mendapatkan nilai tertinggi berhak mendapatkan hadiah utama yakni empat buah unit sepeda. Selain itu, disediakan pula hadiah bagi regu yang mengunggah foto di instagram dengan kriteria foto terfavorit dan foto terunik.
Acara ini terbilang cukup sukses dan berjalan dengan lancar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi dalam acara ini. Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan mampu menarik minat mahasiswa dan mahasiswi ITB untuk mengikuti program Gowes Ganesha ini.

You May Also Like