Masalah Tidur dapat Pengaruhi Kesehatan Tulang

gangguan tidur

Bhataramedia.com – Irama harian pergantian tulang kemungkinan penting bagi kesehatan tulang yang normal. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa apnea tidur (sleep apnea) dapat menjadi penyebab yang belum diketahui pada beberapa kasus osteoporosis. Apnea tidur sangat berpengaruh pada durasi dan kualitas tidur, kadar oksigen, peradangan dan aspek lain dari kesehatan, sehingga memiliki berbagai dampak pada metabolisme tulang.

Sangat penting untuk menentukan hubungan antara kedua penyakit yang semakin umum terjadi tersebut dan memahami proses biologi yang dapat menghubungkan keduanya. Hal ini berdasarkan catatan di dalam ulasan para ahli yang diterbitkan di Journal of Bone and Mineral Research.

“Ada indikasi kuat bahwa ritme harian merupakan unsur intrinsik dan penting bagi biologi tulang,” kata penulis senior, Dr. Eric Orwoll.

“Jika gangguan tidur seperti apnea tidur obstruktif mempengaruhi metabolisme tulang, kemungkinan gangguan ini memiliki implikasi diagnostik dan terapeutik untuk banyak pasien, termasuk mereka yang terkena apnea tidur pada awal tahun pembentukan tulang mereka,” tambah penulis utama, Dr. Christine Swanson, seperti dilansir Wiley (03/02/2015).

You May Also Like