Masyarakat Pesisir Memperoleh Sinar Matahari Dan Vitamin D Lebih Banyak

pesisir, pantai

Bhataramedia.com – Orang yang tinggal dekat dengan pantai di Inggris memiliki kadar vitamin D lebih tinggi dari penduduk pedalaman. Hal ini menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Environment International.

Paparan sinar matahari merupakan faktor penting dalam produksi vitamin D dan penelitian juga telah menemukan bahwa pantai Inggris cenderung mendapatkan paparan sejumlah besar cahaya matahari di seluruh tahun bila dibandingkan dengan daerah pedalaman.

Didukung oleh investasi dari ESF Convergencedan dilakukan oleh University of Exeter Medical School dalam kemitraannya dengan Met Office, studi ini adalah pertama kalinya yang menerangkan bahwa data pada level sinar matahari dan vitamin D telah dikaitkan dengan informasi geografis terperinci.

Tim peneliti menggunakan catatan dari lebih dari 7.000 peserta yang merupakan bagian dari British 1958 Birth Cohort Study dan individu dikelompokkan menurut jarak dari pantai. Mereka juga mengumpulkan data sinar matahari terperinci dari satelit dan pengukuran berbasis tanah.

Mereka kemudian membandingkan informasi ini terhadap tingkat darah partisipan dari prehormone 25(OH)D, yaitu bentuk vitamin D utama yang beredar di dalam tubuh. Mereka menyesuaikan temuan ini untuk memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kadar vitamin D, seperti penggunaan tabir surya, jumlah aktivitas luar ruangan, dan diet.

Para peneliti percaya temuan mereka bisa menjadi bagian penting dalam masalah kesehatan dan kesejahteraan.

Dilansir University of Exeter (9/2/2015), salah stu peneliti, Mark Cherrie mengatakan: “Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penduduk yang tinggal dekat dengan pantai cenderung memiliki peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Sementara lingkungan pesisir dapat mempromosikan aktivitas fisik dan mengurangi stres, penelitian kami menunjukkan bahwa faktor fisiologis langsung juga bisa menjadi penting, dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi secara potensial menjelaskan beberapa efek yang terlihat. ”

Vitamin D memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh termasuk mengontrol kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatur sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu mencegah penyakit seperti eksim dan asma. Sebagian besar vitamin D dalam tubuh terbentuk di bawah kulit dalam reaksi yang diprakarsai oleh sinar matahari, namun sejumlah kecil juga ditemukan dalam makanan seperti ikan berminyak dan telur.

Christophe Sarran yang mengkoordinasi penelitian Met Office’s Health mengatakan, “Kami tahu bahwa iklim lokal dapat berdampak pada kesehatan kita. Penelitian ini merupakan langkah penting dalam pemahaman kita tentang bagaimana vitamin D bervariasi di seluruh negeri, dan akan membantu kami menargetkan informasi tentang cara mengatasi kekurangan vitamin D dan masalah yang terkait. ”

Pemimpin studi, Dr Nick Osborne mengatakan, “Studi ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa kesehatan Anda dipengaruhi oleh tempat tinggal Anda, dan bahwa hubungan antara vitamin D dan kesehatan merupakan hal yang kompleks. Sementara paparan radiasi ultraviolet dalam sinar matahari merupakan faktor penting untuk produksi vitamin D, juga dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang negatif. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko dari kondisi seperti kanker kulit dan oleh karena itu maka perhatian harus dilakukan untuk memastikan perlindungan dari matahari dan kegiatan di luar ruangan dapat ditangani dengan aman. “

You May Also Like