Sayuran Hijau dan Buah Bervitamin C, Obat Alami Diabetes

buah-buahan, sayuran

Bhataramedia.com – Banyak yang beranggapan jenis makanan tertentu sangat ampuh untuk memerangi diabetes dan beberapa jenis yang lain berbahaya. Sekalipun demikian, sama sekali tidak ada makanan “ajaib” yang mampu menghilangkan diabetes dalam sekejap. Menurut Cathy Nonas, juru bicara American Dietetic Association, makanan-makanan tersebut hanya membantu mengontrol gula darah. Seorang diabetesi, atau penderita diabetes melitus, tetap wajib mengatur pola makan seimbang dan olahraga teratur agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Bagi Anda yang sedang menjalani pola makan sehat ala diabetesi, sebaiknya makanan-makanan di bawah ini masuk ke dalam daftar Anda.

1. Oatmeal

Dibanding roti dan nasi, oatmeal bisa memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk tubuh. Sekalipun sama-sama mengandung karbohidrat, oatmeal lebih aman dikonsumsi karena kandungan seratnya yang tinggi menjadikannya lebih lambat dicerna. Oatmeal tidak langsung diubah menjadi gula darah, berbeda dengan roti dan nasi, sehingga lebih mampu mengontrol gula darah dan menurunkan berat badan. Demikian yang dijelaskan Marisa Moore, juru bicara American Dietetic Association.

2. Bayam, kacang hijau, brokoli

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta biji-bijian seperti kacang hijau, terbukti kaya akan serat namun rendah karbohidrat, sehingga amat ideal untuk diabetesi. Sebuah studi dari Diabetes Care membuktikan bahwa 43% diabetesi kategori 2 yang menerapkan pola makan vegetarian selama 22 minggu, mengalami penurunan konsumsi obat-obatan.

3. Salmon dan daging tanpa lemak

Daging yang mengandung protein tidak berkorelasi langsung dengan kenaikan gula darah, sehingga aman untuk dikonsumsi diabetesi. Namun, perlu diperhatikan jenis daging yang dikonsumsi hanya yang rendah lemak. Misalnya, daging ayam yang dibakar tanpa kulit. Selain itu, ikan salmon yang mengandung asam lemak omega tiga juga sangat bagus untuk menekan risiko gagal jantung dan stroke, dua penyakit yang merupakan “kelanjutan” dari diabetes.

4. Kayu manis

Ilmuwan dari Jerman meneliti kandungan dalam kayu manis dan hubungannya dengan diabetes. Hasilnya, terlihat bahwa ekstrak kayu manis memiliki efek untuk menekan gula darah. Namun, para dokter belum berani merekomendasikan kayu manis sebelum ada penelitian lebih lanjut.

5. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Buah-buahan terbaik untuk penderita diabetes antara lain apel, jeruk bali, semua jenis berry, jeruk, ceri, pir, dan kiwi. Buah-buahan ini mengandung vitamin A, C, asam folat, rendah kalori dan berserat tinggi, sehingga membantu menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Selain itu, buah-buahan tersebut juga mampu menekan tingkat obesitas dan kolesterol. Sebagaimana diketahui, kolesterol dan kelebihan berat badan adalah pemicu utama munculnya diabetes.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi salah satu buah-buahan tersebut dua porsi setiap hari. Khusus untuk buah-buahan kecil seperti stroberi, ceri atau kiwi, Anda bahkan dapat mengkonsumsinya secara rutin sebagai camilan.

You May Also Like