Categories: Science

Pertama Kalinya di Dunia : Sel Punca yang “Dicangkok” dari Sel Dewasa

Bhataramedia.com – Para ilmuwan untuk pertama kalinya telah berhasil mengembangkan sel punca dari orang dewasa menggunakan sel-sel kulit dari dua pria dewasa, menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Cell Stem Cell.

Terobosan baru tersebut mendeskripsikan “kloning terapeutik” pada dua orang pria berusia 35 dan pria 75 tahun. Proses yang secara teknis disebut transfer inti sel somatik (somatic-cell nuclear transfer), melibatkan pengambilan DNA dari donor dan memasukkannya ke dalam sel telur yang telah “dilucuti” DNA-nya. Hibrida yang dihasilkan melalui induksi tersebut, menciptakan garis sel punca yang dimaksudkan untuk berkembang menjadi segala jenis sel atau jaringan manusia.

Tim peneliti internasional menggunakan 77 telur dari empat donor yang berbeda, dan dari 39 embrio yang dihasilkan, para ilmuwan hanya menciptakan satu sel punca untuk tiap donor. Meskipun efisiensinya hanya sebesar 5 persen, kepala peneliti Dr. Robert Lanza tetap optimis terhadap hasil karyanya.

“Prosedur yang kami lakukan bekerja dengan baik, dan bekerja pada sel dewasa,” kata dia kepada majalah TIME.

Related Post

Keyakinan Dr. Robert Lanza tampaknya tidak terlalu mengada-ada mengingat kerumitan penciptaan sel punca. Tim peneliti mengatakan bahwa aspek utama keberhasilan mereka memungkinkan telur yang telah direkayasa dapat bertahan selama 30 menit, sebelum sel telur tersebut dialiri dengan muatan listrik yang pada dasarnya membuat telur menjadi hidup. Sel-sel punca pluripotensi terletak di bagian dalam embrio yang berkembang nantinya akan berkembang menjadi berbagai jenis sel atau jaringan manusia yang diinginkan, seperti dilansir Nature World News (18/4/2014).

Kesuksesa Lanza dan rekan-rekannya didapatkan melalui suatu prosedur terobosan yang menggunakan teknik transfer inti dan kualitas sel telur donor.

Akan tetapi, transfer inti merupakan “lereng licin” di dalam dunia genetik. Transfer inti merupakan langkah pertama di dalam kloning reproduksi, topik yang sangat kontroversial karena pada tahun 1997 teknik tersebut digunakan untuk membuat Dolly, klon dari seekor domba betina. Sejak tahun 2005, PBB sudah mendesak berbagai negara untuk melarang praktek kloning, Amerika Serikat bahkan telah melarang penggunaan dana federal untuk kloning reproduksi atau terapeutik, menurut Reuters.

Windu Merdekawati

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago