Ekstrak Teh Hijau Sehatkan Jantung dan Kontrol Kolesterol

teh hijau

Bhataramedia.com – Berbagai penelitian telah menunjukkan banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan jantung, baik sebagai minuman atau di dalam bentuk ekstrak teh hijau. Sifat antioksidan catechin dan senyawa polifenol di dalam teh hijau dianggap bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

Menurut University of Maryland Medical Center, “Hasil dari studi pada hewan menunjukkan bahwa polifenol di dalam teh hijau dapat menghalangi kolesterol diserap di dalam usus dan juga membantu tubuh menyingkirkan kolesterol. Di dalam studi kecil lainnya terhadap perokok laki-laki, peneliti menemukan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL yang berbahaya. ”

Medical News Today melaporkan studi yang melibatkan ekstrak teh hijau dan dampaknya pada kesehatan jantung. Dr. Olivia J. Phung dari College of Pharmacy di Western University of Health Sciences di California menganalisis berbagai penelitian untuk menemukan bukti apakah teh hijau memainkan peran di dalam menurunkan kolesterol “buruk” dan memiliki potensi untuk meningkatkan “kolesterol baik ‘.

Dr. Phung dan rekan-rekannya mengklaim, “Catechin teh hijau, pada dosis mulai dari 145 sampai 3.000 mg per hari (termasuk konsumsi sebagai minuman teh hijau dan ekstrak di dalam kapsul) yang dikonsumsi selama 3 sampai 24 minggu, menyebabkan penurunan yang signifikan secara statistik pada kolesterol total dan LDL (‘buruk’) dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengkonsumsinya.”

Selain itu, analisis komprehensif Dr. Phung mengenai data statistik yang dikumpulkan menunjukkan bahwa catechin teh hijau tidak mengubah kolesterol HDL (” baik “) atau trigliserida.

American Heart Association baru-baru ini melaporkan, “Orang yang minum dua sampai tiga cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena stroke dan orang-orang yang meminum setidaknya empat cangkir memiliki risiko 20 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang jarang meminumnya.”

AHA mencatat bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau lebih cenderung berolahraga, faktor yang juga mungkin memainkan peran di dalam memfasilitasi kesehatan jantung. Selain itu, ada juga kemungkinan karena meningkatnya tingkat energi yang dihasilkan dari kafein di dalam teh hijau.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Meskipun resep obat dapat secara efektif menurunkan kolesterol, diet dan olahraga memainkan peran kunci di dalam menjaga kesehatan jantung.

Dilansir Newsmax Health (07/12/2014), berdasarkan berbagai penelitian ilmiah yang telah dilakukan pada teh hijau, penambahan ekstrak teh hijau untuk diet kemungkinan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

You May Also Like