Modus Pencurian Data Pada Aplikasi Modifikasi

Modus Pencurian Data Pada Aplikasi Modifikasi

Bhataramedia.comModus Pencurian Data Pada Aplikasi Modifikasi. Penggunaan aplikasi modifikasi memang tidak dianjurkan karena selain tidak resmi, aplikasi ini rentan dengan peretasan. Biasanya mereka yang menggunakan aplikasi tersebut ingin mencoba fitur – fitur yang tidak ada pada aplikasi resminya tanpa mereka tahu apa risikonya. Dan pencurian data adalah kasus paling umum dan sering terjadi pada penggunaan aplikasi modifikasi. Berikut ulasan selengkapnya.

Aplikasi Modifikasi

Aplikasi Mod atau aplikasi modifikasi adalah aplikasi yang telah melalui proses modifikasi oleh pengembang aplikasi. Agar pengguna dapat menggunakan fitur tambahan yang tidak ada pada aplikasi aslinya dan yang paling umum adalah Whatsapp mods.

Whatsapp GB adalah salah satu aplikasi modifikasi Whatsapp yang tidak sedikit penggunanya. Padahal, aplikasi Whatsapp resmi yang merupakan aplikasi chatting paling banyak pengguna ini saja sedang terbentur dengan masalah kebijaksanaan privasi yang membuat tidak sedikit penggunanya beralih ke aplikasi chatting lainnya.

Whatsapp GB pun tidak memiliki fitur pengamanan pesan enkripsi end to end. Yang berarti bahwa isi dari percakapan bisa terlihat oleh pihak ketiga. Dengan begitu, penggunaan aplikasi ini sangat tidak disarankan karena bisa membahayakan privasi penggunanya

Modus Pencurian Data

Meski Whatsapp modifikasi ini memiliki banyak fitur yang tidak ada pada aplikasi resminya seperti fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim file dalam ukuran yang besar, nyatanya tetap saja ada sisi buruknya.

Aplikasi illegal ini bisa menjadi media untuk modus pencurian data karena seperti yang telah dijelaskan bahwa aplikasi ini tidak memiliki fitur pengamanan pesan yang bisa membahayakan privasi pengguna. Bahkan Ruby Alamsyah yang seorang ahli digital forensik pun khawatir dan tidak menyarankan penggunaan aplikasi ini.

Beliau juga mengatakan jika Whatsapp mods seperti Whatsapp GB ataupun Whatsapp FM telah masuk kedalam kategori pola kriminal daan tengah menyasar target yang lebih banyak lagi untuk mengambil sesuatu dari penggunanya. Dan Whatsapp pun telah menegaskan akan melakukan pemblokiran sementara pada akun yang terdeteksi menggunakan aplikasi Whatsapp mods seperti Whatsapp GB.

Itulah ulasan mengenai aplikasi modifikasi yang rentan dengan modus pencurian data. Dengan begitu tentunya bagi kamu yang memiliki niat untuk mencoba aplikasi ini bisa kembali mempertimbangkannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi bagi kita semua.

You May Also Like