Categories: Headlines

Laporan PBB, Bencana Nuklir Fukushima Tidak Meningkatkan Prevalensi Kanker

Bhataramedia.com – Apakah anda masih ingat gempa bumi yang melanda Jepang pada tahun 2011 lalu dan menimbulkan kebocoran di reaktor nuklir Fukushima-Daiichi? Menurut para ahli dari PBB, radiasi yang ditimbulkan akibat bocornya reaktor nuklir tersebut kemungkinan tidak akan meningkatkan prevalensi (jumlah penderita) kanker di daerah tersebut.

Laporan yang dirilis oleh tim peneliti dari PBB tersebut berjudul “Levels and effects of radiation exposure due to the nuclear accident after the 2011 great east-Japan earthquake and tsunami.”

Seperti dilansir laman Nature World News (2/4/2014), United Nations Scientific Committee on the Effects of Atomic Radiation (UNSCEAR) melaporkan bahwa para ilmuwan belum menemukan adanya bukti yang mendukung bahwa kebocoran nuklir di Jepang di tahun 2011 akan mengakibatkan terjadinya peningkatan prevalensi kanker atau cacat lahir.

Sebuah gempa berkekuatan 9 SR mengguncang timur laut Jepang tanggal 11 Maret 2011. Hampir 18.000 orang tewas, sebagian besar karena tenggelam menyusul terjadinya tsunami besar yang dipicu oleh gempa. Gempa bumi besar (Mega Earthquake) dan tsunami tersebut diikuti oleh krisis nuklir tingkat 7 yang disebabkan oleh pemadaman listrik di reaktor nuklir Fukushima Daiichi yang dikelola Tokyo Electric Power Company (TEPCO).

“Orang-orang benar prihatin mengenai dampak terhadap kesehatan mereka dan kesehatan anak-anak mereka,” kata Carl-Magnus Larsson, Ketua UNSCEAR. “Melalui penilaian tersebut, bagaimanapun juga Komite UNSCEAR tidak mengharapkan perubahan signifikan terhadap peningkatan angka statistik kanker di masa depan yang berkaitan dengan paparan radiasi dari kecelakaan tersebut,” katanya.

Related Post

Pada studi ini, para peneliti mengamati tingkat paparan radiasi dari berbagai kelompok penduduk termasuk anak-anak.

Menurut laporan Reuters, meskipun risiko kanker dan cacat lahir rendah, beberapa anak kemungkinan menderita risiko tambahan kanker tiroid. Tiroid adalah kelenjar kecil di leher yang menghasilkan hormon yang berhubungan dengan beberapa fungsi di dalam tubuh.

Menurut para peneliti, rendahnya risiko kanker disebabkan oleh tindakan cepat yang diambil oleh pemerintah Jepang.

Para peneliti juga melihat data paparan radiasi pada pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. “Komite UNSCEAR menyimpulkan bahwa tidak ada peningkatan prevalensi kanker atau penyakit lain pada pekerja tersebut, namun para pekerja yang paling terpapar radiasi akan menerima pemeriksaan kesehatan secara teratur,” kata Wolfgang Weiss.

Sebagai perbandingan atas insiden yang terjadi di Jepang adalah terjadinya kecelakaan reaktor nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir “Chernobyl” Ukraina pada tahun 1986. Kebocoran reaktor nuklir Chernobyl menyebabkan ribuan orang terkena radiasi nuklir tingkat tinggi. Studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health telah menunjukkan bahwa di tahun 2011 kanker tiroid masih terjadi pada orang yang pernah tinggal di Chernobyl ketika insiden tersebut berlangsung.

Gilang Aji Pratama

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago