Categories: Education

Beberapa Alasan Email Tidak Terkirim

Bhataramedia.comBeberapa Alasan Email Tidak Terkirim. Adanya email, membuat kita lebih mudah dalam mengirim dan menerima surat elektornik. Karena jika kita bandingkan dengan surat konvensional, email lebih memiliki banyak kemudahan dan waktu pengirimannya pun lebih cepat hanya dalam hitungan menit saja.

Namun, ada beberapa kasus yang terjadi dan mungkin kamu pernah mengalaminya. Salah satunya seperti mendapat pemberitahuan bahwa email yang kita kirimkan tidak sampai atau tidak terkirim ke penerima. Jika kamu pernah mengalaminya, berikut ada beberapa alasan yang mesti kamu ketahui mengapa email kamu tidak terkirim. Berikut penjelasannya.

Mengenai Email

Email merupakan salah satu layanan surat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima pesan dengan ataupun tanpa lampiran file. Beberapa email gratis yang sudah umum kita gunakan adalah Yahoo, Gmail, Outlook dan lain semacamnya.

Dengan adanya email ini, membuat khususnya para pekerja ataupun pencari kerja lebih mudah dalam mengirim lampiran berkas mereka tanpa harus menunggu berhari – hari untuk sampai. Karena email sendiri bisa kita gunakan melalui smartphone, komputer maupun laptop dengan hanya mengandalkan jaringan internet.

Alasan Email Tidak Terkirim

Meski memiliki keunggulan jika kita bandingkan dengan surat konvensional, nyatanya jika sebagai pengguna kita tidak teliti maka surat yang kita kirimkan akan gagal untuk sampai ke penerima atau bisa juga kita sebut dengan email bounce. Dan biasanya email bounce ini akan memberikan pesan notifikasi dari Mail Delivery System dengan alamat mailer-daemon@googlemail.com.

Ada beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab email tidak terkirim ke penerima, yakni sebagai berikut:

Related Post

1. Alamat email yang salah.

Ini merupakan alasan yang paling umum dan utama, sehingga sebelum kamu mengirim email pastikan terlebih dahulu alamat penerimanya sudah benar.

2. Mailbox penerima sudah penuh.

Selain alamat penerima yang salah, terkadang mailbox penerima yang sudah penuh juga menjadi alasan tidak terkirimnya email. Sehingga jika kamu mengalami hal ini, ada baiknya untuk menanyakan lebih lanjut dan langsung kepada penerima.

3. Server Down

Server yang sedang dalam masa perbaikan pun dapat menjadi salah satu alasan email kita tidak terkirimkan ke penerima. Faktor penyebab server down adalah kelebihan beban atau memang tidak dapat ditemukan. Kamu bisa menunggu beberapa saat untuk mencoba kembali mengirim pesan tersebut hingga server pulih kembali.

4. Account Disabled

Akun yang sudah tidak aktif lagi merupakan salah satu alasan email kamu tidak terkirim. Email sendiri memiliki batasan waktu selama 6 bulan berturut – turut untuk masa aktifnya, jadi jika pemilik email tidak menggunakan email selama 6 bulan, maka secara otomatis alamat email tersebut akan dinonaktifkan. Apabila kamu mengalami hal ini, ada baiknya kamu meminta alamat email alternatif kepada penerima.

5. Pemblokiran Email

Alasan lainnya adalah email kamu yang diblokir oleh penerima. Bisa jadi saat email kamu tidak terkirim dan beberapa alasan sebelumnya tidak menjadi penyebab dari gagalnya surat kamu sampai ke pengirim adalah email kamu yang telah diblokir oleh penerima.

Itulah beberapa alasan email tidak terkirim. Semoga dengan artikel ini bisa menjadi informasi baru untuk kamu yang sedang mengalaminya atau sekedar menambah wawasan seputar surat elektronik. Semoga bermanfaat.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Harga Terbaru HP Mi 10T hingga Redmi 9C Bulan Januari 2021

Bhataramedia.com - Harga Terbaru HP Mi 10T hingga Redmi 9C Bulan Januari 2021. Dengan perkembangan…

2 hari ago

Epic Games Store Bagikan Star Wars Battlefront II Secara Gratis, Ini Cara Downloadnya!

Bhataramedia.com - Epic Games Store Bagikan Star Wars Battlefront II Secara Gratis, Ini Cara Downloadnya!.…

3 hari ago

Cara Mencari Lagu Pada Aplikasi Capcut

Bhataramedia.com - Cara Mencari Lagu Pada Aplikasi Capcut - Saat mengedit video, penambahan lagu sudah…

4 hari ago

Cara Membuat Foto Akun LTMPT Menjadi Pas

Bhataramedia.com - Cara Membuat Foto Akun LTMPT Menjadi Pas - Sejak 4 Januari 2021 kemarin,…

5 hari ago

BLT PKH Untuk Ibu Hamil dan Balita Sebesar Rp. 3 Juta, Ini Syaratnya!

Bhataramedia.com - BLT PKH Untuk Ibu Hamil dan Balita Sebesar Rp. 3 Juta Ini Syaratnya!.…

6 hari ago

Syarat Untuk Menjadi Negosiator Yang Baik dan Handal

Bhataramedia.com - Syarat Untuk Menjadi Negosiator Yang Baik dan Handal - Dalam bernegosiasi kita membutuhkan…

1 minggu ago