Categories: Education

Jelaskan Keadaan Insang Pada Udang – Udangan

Bhataramedia.comJelaskan Keadaan Insang Pada Udang – Udangan. Seperti yang kita tahu, setiap hewan memiliki cara dan alat pernapasan yang berbeda – beda, misalnya saja, udang. Hewan yang masuk ke dalam family Crustacea ini, bernafas menggunakan insang. Bagaimana proses dan keadaan insang pada udang – udangan saat bernafas? Berikut penjelasannya.

Udang Termasuk Family Crustacea

Udang yang biasa kita jadikan lauk pauk menemani nasi saat makan, termasuk ke dalam family crustacea. Crustacea merupakan salah satu kelompok jenis hewan seperti udang air tawar atau shrimp, udang laut atau lobster, rajungan, kepiting, ketam, sow-bug, barnakel dan pinjal air . Hewan dalam kategori ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Hidup di dalam air.
  • Memiliki eksoskeleton atau rangka luar yang keras dan juga terdiri dari zat kitin.
  • Memiliki sepasang antena serta tipikal biramus dan juga memiliki kepala yang bersatu dengan dada yang membentuk sefalotoraks.
  • Bernafas menggunakan insang.

Dengan ciri – ciri tadi, udang termasuk kedalam kategori crustacea. Karena udang memiliki insang yang berfungsi sebagai alat pernapasannya, dengan menghirup oksigen dalam air yang kemudian mengalir ke pembuluh insang. Oksigen dalam tubuh udang juga tidak melintasi pembuluh darah, karena kandungan karbondioksidanya tersebar dengan arah yang berlawanan.

Related Post

Insang Pada Udang – Udangan

Sama seperti ikan, udang juga bernafas menggunakan insang kecuali udang kecil yang bernafas menggunakan seluruh permukaan tubuhnya. Insang merupakan organ pernapasan utama pada udang dan dapat berguna untuk menyerap mineral serta mengeksresikan amonia. Proses pernapasan pada udang mulai dari masuknya air ke ruang brankial yang ada pada belakang karapaks dan juga antara kaki.

Kemudian saluran yang ada pada sumbu insang akan membawa darah dari dan ke ruang dalam lamela. Proses keluar masuknya udara ini disebabkan dari gerakan otot yang terjadi secara teratur.  Oksigen masuk dari air menuju insang, sedangkan karbondioksida berdifusi atau menyebar dengan arah yang berlawanan yang kemudian akan disebarkan ke seluruh tubuh tanpa melalui pembuluh darah.

Itulah sedikit ulasan mengenai keadaan insang pada udang – udangan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi mengenai proses pernapasan pada udang.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Cara Memunculkan dan Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Whatsapp

Bhataramedia.com - Cara Memunculkan dan Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Whatsapp. Tentunya kamu tahu bahwa pada aplikasi…

21 jam ago

Beberapa Fitur Rahasia Gmail yang Jarang Diketahui

Bhataramedia.com - Seiring bertambahnya waktu, teknologi canggih yang adapun semakin memperbaharui segala sistem dan fitur…

2 hari ago

Cara Menggunakan Monetary Telkomsel

Bhataramedia.com – Cara Menggunakan Monetary Telkomsel – Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah fungsi Monetary yang ada di…

4 hari ago

Cara Pembuatan SIM Online

Bhataramedia.com - Dalam berkendara, kita membutuhkan Surat Izin Mengemudi atau yang sering kita dengar dengan…

4 hari ago

Cara Membuat Beberapa Foto Menjadi Instagram Grid

Bhataramedia.com - Semakin kesini, nampaknya pengguna Instagram semakin memperlihatkan dan menunjukkan kebolehan mereka dalam membuat…

5 hari ago

Arti Lagu Shuba Shuba Tiktok dan Liriknya

Bhataramedia.com – Arti Lagu Shuba Shuba Tiktok dan Liriknya – Sebagai salah satu aplikasi video…

5 hari ago