Technology

Teknologi Drone untuk Industri

Bhataramedia.com – Adanya teknologi drone, membuat sebagian industri semakin berkembang dengan pemanfaatan drone yang memang sudah memberikan banyak sekali keuntungan. Misalnya saja dalam pembangunan jalur Jakarta – Cikampek tahun lalu yang juga mengandalkan drone dalam proses pemetaan area seluas 20 km persegi yang Waskita Karya lakukan selaku pelaksana proyek.

Alasan dari Penerapan Drone

Dapat dioperasikan secara mudah dan praktis adalah salah satu alasan semakin meluasnya penerapan akan teknologi drone. Untuk mengoperasikannya juga tidak memerlukan keahlian khusus atau otentik. Namun dapat mempermudah industri dalam mengidentifikasikan masalah yang ada secara efisien. Dan juga membantu dalam proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi dan data.

Dukungan Pemerintah Terhadap Penggunaan Drone

Pemerintah juga telah memberikan dukungan akan penggunaan teknologi drone. Seperti yang telah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lakukan dalam Peraturan Menteri No P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016. Yang telah mewajibkan perusahaan untuk dapat memiliki alat deteksi kebakaran hutan yang salah satunya dengan menggunakan drone. Hingga Presiden Jokowi juga telah menyampaikan bahwa demi kesatuan dan keamanan negara, teknologi drone dan cyber security harus dapat dikuasai. Yang artinya pemerintah telah mendukung penuh penggunaan dan pemanfaatan drone.

Related Post

Keuntungan Menggunakan Drone Pada Bidang Industri

Awalnya drone berguna pada bidang militer, namun semakin kesini drone berguna pada industri pada berbagai sektor seperti perkebunan, agrikultur, pembangunan hingga konstruksi. Karena memang, drone memberikan berbagai manfaat yang bisa menguntungkan banyak orang.

Salah satu contoh, jika biasanya pekerjaan kontruksi membutuhkan biaya yang mahal serta memakan waktu, kini dengan ada nya teknologi drone, industri konstruksi pun bisa mengalami peningkatan dan kemajuan serta komunikasi dan kolaborasi antar perusahaan konstruksi pun meningkat hingga 65 %.

Keuntungan lainnya adalah dalam pengumpulan data, melakukan survei tanah yang akan membantu pengerjaan, melakukan pemantauan perkembangan proyek, dapat meningkatkan kolaborasi antar perusahaan, menjadi alat untuk mengawasi dan mengamankan daerah yang sedang dalam pengerjaan, memantau dan mengukur limbah serta timbunan dari proyek serta mengganti fungsi transportasi dalam mengirimkan barang jika menggunakan drone dalam ukuran yang lebih besar.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago