Jelaskan Bagaimana Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi Manajemen
Jelaskan Bagaimana Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi Manajemen

Jelaskan Bagaimana Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi Manajemen

Diposting pada

Bhataramedia.com – Jelaskan Bagaimana Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi Manajemen –  Untuk dapat mejawab pertanyaan itu kita harus mengetahui pengertian dari sistem informasi manajemen dan juga perngertian dari fungsi manajemen.

Sistem Informasi Manajemen

Pengertian sistem informasi manajemen adalah. Sebuah sistem yang berbasis komputer dan menyediakan informasi untuk beberapa orang pengguna yang membutuhkan informasi yang sama. Dan informasi tersebut menjelaskan tentang sesuatu perusahaan ataupun menjelaskan tentang sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu. Apa apa yang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin akan terjadi nanti pada masa depan. (Raymond McLeod Jr).

Sistem informasi manajemen merupakan sebuah kumpulan dari perangkat keras atau hardware ataupun perangkat lunak atau software yang merubah sebuah data kedalam bentuk infromasi yang lebih berguna (Bodnar dan Hopwood)

"Jelaskan

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Ada beberapa fungsi dan tujuan dari sistem informasi manajemen. Berikut penjelasannya :

  1. Untuk mempermudah pihak manajemen melaukan 4 fungsi manjemen. Seperti planning, organizing, directing, controling.
  2. Dapat meningkatkan efisiensi danefektifitas data.
  3. Dapat menghemat biaya dan produktifitas kinerja sebuah organisasi.
  4. Dengan adanya manajemen sistem informasi manejemen membuat SDM jauh lebih meningkat.

Fungsi Manajemen

Terdapat 4 macam daru fungsi manajemen. Berikut beberapa penjelasan dari fungsi manajemen.

Planning

Planning ataupun perencanaan merupakan sebuah langkah strategi untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi.

Organizing

Merupakan sebuah pembagian tugas, ataupun pembagaian sebuah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil. Pembagaian tugas tersebut telah sesuai dengan kemapuan masing-masing penerima tugas dalam sebuah organisasi.

Directing

Pengarahan (directing) sangat penting. Yang mana fungsinya adalah selalu mengarahkan anggota sebuah organisasi agar tetap bergerak dan berkerja sesuai dengan tujuan organisasi tersebut.

Controlling

Adalah sebuah proses penilaian kinerja dari anggota organisasi. Penilaian ini sudah sesuai dengan standar yang ada pada sebuah organiasi. Nantinya, jika menemukan sebuah nilai yang tidak sesuai. Maka manajemen dapat meminta anggota untuk mengerjakan ulang yang sesuai dengan standar organisasi.

Jelaskan Bagaimana Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Fungsi Manajemen

Namun apa hubungan antara kedua hal tersebut? berikut penjelasan dari hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen:

Sistem informasi manahemen dan fungsi manajemen memiliki hubungan yang sangat erat.  Karena fungsi manajemen memiliki 4 unsur yang harus terlaksana dengan benar. Seperti, planning, organizing, 1directing, controlling.

Nah, untuk dapat melakukan ke empatunsur fungsi manajemen itu dengan baik, Organisasi sangat membutuhkan sistem informasi manajemen untuk mengatur agar ke empat unsur dari fungsi manajemen ini dapat berkerja dengan baik.

Referensi:

  • bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen