Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Melalui Smartphone Android

Diposting pada

Kartu E-Toll merupakan salah satu layanan kartu prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran secara elektronik. Sehingga ini lebih memudahkan serta mengifisienkan penggunaanya untuk pembayaran melalui jalan toll.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian kota besar di Indonesia kini telah dibangun beberapa jalan bebas hambatan atau yang biasanya disebut dengan jalan toll yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat lebih atau kendaraan jenis mobil. Setiap kendaraan umum yang hendak melintas di jalanan tersebut, tentunya harus melakukan pembayaran retribusi sebagai penggunaan infrastruktur.

Dahulu pembayaran hanya dapat dilakukan secara tunai, namun seiring perkembangan teknologi. Kini beberapa jalan toll di Indonesia, saat ini sudah memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara elektronik atau dengan menggunakan kartu E-Toll. Kartu inilah yang nantinya digunakan untuk melakukan pembayaran secara efisien.

Hampir serupa dengan beberapa penggunaan kartu berbayar lainnya seperti ATM, Kartu Kredit, dsb. Setiap kartu E-Toll yang dimiliki tentu harus memiliki aktivasi pembayaran dalam hal ini adalah saldo atau sisa kredit yang tersimpan. Tentunya ini agar mesin pemindai yang tersimpan di gerbong toll dapat melakukan penarikan tunai secara langsung.

Maka dengan itu, tentu setiap pengguna yang menggunakan kartu E-Toll sangat disarankan untuk memastikan bahwa kartu yang hendak mereka gunakan masih tersisa beberapa saldo yang dibutuhkan. Hal ini agar tidak membuat pengguna tidak kerepotan apabila ternyata kartu yang mereka gunakan ternyata tidak tersisa saldo yang cukup.

Biasanya untuk melakukan pengecekan saldo atau sisa saldo, kita bisa melalui gerai minimarket yang mendukung, melalui mesin tertentu, atau melaui bank tertentu yang mendukung sesuai jenis kartu seperti Mandiri E-Money, BCA Flazz, BNI Tap Cash, Brizzi, dan BTN Blink. Namun sayangnya untuk melakukan langkah tersebut, tentunya cukup merepotkan. Terlebih jika Anda hanya ingin mengetahui berapa sisa saldo atau sisa kredit yang tersimpan.

Nah untungnya saat ini, beberapa smartphone Android sudah dapat melakukan fungsi pengecekan sisa kredit secara langsung tanpa harus menggunakan mesin tambahan apapun. Bahkan Anda dapat melakukan pengisian saldo juga hanya melalui smartphone dengan cara yang serupa. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone mendukung fungsi cek saldo ini. Dengan kata lain bahwa hanya smartphone Android yang memiliki fungsi NFC (Near Field Communication) saja.

Cara Mengetahui Saldo Kartu E-Toll Dari HP Android

Untuk mengetahui bagaimana menggunakan fungsi NFC di Android atau bagaimana cara mengetahui apakah hp Anda mendukung fungsi NFC atau tidak. Maka Anda bisa lihat pada artikel woiden sebelumnya dibawah ini:

Nah apabila smartphone Anda mendukung NFC (Near Field Communication) fungsi tersebut. Maka Anda bisa langsung melangkah ke penerapan yang dijelaskan berikut ini:

Cukup mudah untuk melakukan langkah pengecekan. Satu hal yang paling Anda butuhkan disini hanyalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan pemindai. Ada beberapa aplikasi yang mendukung ini salah satunya seperti Mandiri E-Money Info dan Eletronic Money Card Balance. Hebatnya aplikasi ini mendukung untuk melakukan scanning pada jenis kartu seperti Mandiri E-Money, BCA Flazz, BNI Tap Cash, Brizzi, Mega Cash dan BTN Blink. Kedua aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa Anda download salah satunya langsung melalui tautan berikut ini:

  • NFC Money Balance (Umum): https://woiden.com/go/w9DY1k
  • Mandiri E-Money: https://woiden.com/go/je29y1
  • BNI Tap Cash: https://woiden.com/go/HzjahL
  • BRI Mobile/Brizzi: https://woiden.com/go/5DpoNn
  • BCA Mobile/Flazz: https://woiden.com/go/AtINif

Setelah aplikasi terinstall, silahkan Anda aktifkan fitur NFC (Near Field Communication) di smartphone Anda terlebih dahulu. Fungsi ini bisa diaktifkan melalui laman Setelan/Settings atau melalui Menu Notifikasi/Tool Bar atau lainnya bisa Anda lihat pada laman artikel woiden diatas.

Setelah fungsi NFC diaktifkan, silahkan Anda jalankan aplikasi Mandiri E-Money di Smartphone Anda. Kemudian tempelkan kartu E-Toll Anda tepat di logo NFC belakang smartphone Anda. Beberapa saat kemeudian, aplikasi akan menampilkan beberapa informasi berupa no kartu Anda serta sisa saldo yang dimiliki.

Mungkin itu saja yang dapat diterangkan pada artikel kali ini. Selebihnya untuk secara rinci mengenai bagaimana cara mengisi saldo e-toll melalui smartphone Android dan Apple iOS akan diterangkan pada artikel woiden yang berbeda lainnya.