Cara Mengirimkan Lokasi Melalui SMS di HP Android

Diposting pada

Umumnya diera perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, seseorang yang hendak mengirimkan lokasi biasa mereka menggunakan aplikasi messenger seperti WhatsApp atau Line Messenger.

Hal ini karena aplikasi tersebut umumnya memang menyediakan fitur untuk membagikan lokasi yang dapat ditampilkan langsung dari jendela chatting. Sehingga amat sangat jarang saat ini untuk seseorang masih menggunakan pesan singkat sms, kecuali untuk alasan tertentu.

Mungkin terkesan mustahil untuk mudah membagikan lokasi melalui pesan singkat SMS. Mengingat sms yang kita ketahui hanya mampu menerima dan mengirimkan pesan dalam format text atau tulisan. Meskipun gambar dapat dibuat, tetap itu merupakan layanan tambahan dari MMS.

Nah untungnya ada satu aplikasi resmi pengembangan dari Google LLC yang memungkinkan Anda untuk membagikan lokasi melalui pesan sms. Aplikasi ini disebut dengan Android Messages. Aplikasi ini bahkan dapat Anda install langsung dari Google Play Store. Lebih lanjut mengenai cara mengirimkan lokasi menggunakan aplikasi Android Messages ini, bisa Anda lihat pada langkah dibawah ini:

Cara Share Lokasi Menggunakan Aplikasi Pesan Singkat SMS Android

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pada penerapan kali ini, yang Anda butuhkan adalah aplikasi Android Messages. Untuk mengunduh aplikasi ini, silahkan arahkan ke tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/MgQfyK

Setelah Anda menginstal aplikasinya, silahkan Anda jalankan aplikasinya. Kemudian saat Anda pertama kali menjalankan aplikasi tersebut, Anda mungkin diminta untuk memberikan akses untuk penggunaan dari aplikasi pesan singkat konvensional menjadi aplikasi Android Messages ini sebagai aplikasi sms utama yang akan digunakan di smartphone Anda. Jadi cukup ketuk pilihan “Yes” atau “Ya” untuk konfirmasi pesan tersebut.

Setelah Anda mengetuk konfirmasi tersebut. Seperti biasa, Anda cukup mengetuk ikon tanda positif + mengambang di bagian pojok kanan bawah layar smartphone Anda. Kemudian lengkapi kontak tujuan yang dinginkan.

Ketuk ikon positif + di samping kolom Pesan Teks. Kemudian dari menu pilihan yang tersedia, gulir kebawah sampai Anda melihat ikon lokasi bertuliskan “Tap untuk memberi akses ke Lokasi”. Kemudian ketuk pilihan tersebut. Selanjutnya, berikan Izin aktivasi gps untuk menu popup konfirmasi yang muncul.

Setelah Lokasi Anda ditemukan, ketuk “Pilih lokasi ini” untuk menetapkan lokasi yang ingin dibagikan. Kemudian kirimkan pesan tersebut. Anda juga bisa melihat pratinjau peta yang ditetapkan untuk mengantisipasi kesalahan Lokasi dengan mengetuk ikon refresh di tengah layar.