Cara Memainkan Musik Video Youtube Dengan Layar Mati di Smartphone

Diposting pada

Youtube adalah salah satu layanan streaming video yang paling populer digunakan diseluruh dunia saat ini. Youtube menyajikan berbagai konten video unik dengan berbagai genre, sehingga berbagai penggunanya dapat dengan bebas memilih jenis konten yang ingin mereka saksikan.

Hal terbaik lagi dari youtube adalah kegunaannya yang lebih ringkas dengan akses yang mudah dari berbagai perangkat gadget maupun komputer. Sehingga setiap penggunaanya dapat mengakses mudah youtube dari smartphone atau perangkat portable lainnya kapanpun dan dimanapun selama mereka memiliki akses jaringan internet yang memadai.

Selain hanya berupa video, youtubenya juga menawarkan berbagai konten video musik yang cukup lengkap. Sehingga beberapa orang bahkan cenderung mengunduh beberapa lagu favorit mereka dari youtube yang dikonversi menjadi file audio. Tidak heran mengapa Musik adalah salah satu genre populer di youtube.

Beberapa orang bahkan melakukan streaming youtube tiap harinya hanya untuk memainkan musik favorit mereka. Sayangnya dalam aplikasi youtube di smartphone, Anda harus memainkan video musik secara langsung, sehingga ketika layar smartphone Anda redup atau ketika Anda mengalihkan ke aplikasi lain, meskipun dalam format penyembunyian, maka video musik akan otomatis terhenti.

Sehingga Anda harus mengetuk kembali tombol play untuk memainkan video tersebut. Hal ini cukup merepotkan tentunya, ketika Anda ingin memainkan musik secara terus menerus dengan streaming. Sebab dengan layar yang aktif terus menerus, tidak hanya membuat baterai smartphone jauh lebih boros, juga membuat Anda tidak dapat melakukan multitasking lainnya, misalnya sembari melakukan percakapan melalui aplikasi chatting.

Nah untungnya ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memainkan musik video di youtube secara terus menerus meskipun aplikasi disembunyikan atau ditutup ataupun layar meredup atau mati seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Memutar Video Youtube Dibelakang Layar Tanpa Membuka Aplikasi

Salah satu cara populer yang biasanya digunakan oleh beberapa pengguna untuk memainkan musik dari youtube tanpa harus membuka aplikasi youtube itu sendiri adalah mengaksesnya dari aplikasi browser Firefox, Chrome atau Bromite.

Aplikasi youtube secara langsung tidak memungkinkan untuk memainkan video tanpa peralihan tab langsung ke laman video tersebut. Sehingga alternatifnya Anda harus mengkases youtube melalui web browser di smartphone Anda.

Beberapa web browser mungkin bisa Anda gunakan, namun yang paling populer digunakan adalah Mozilla Firefox. Aplikasi ini bisa Anda download dan install di smartphone Android dan iPhone Anda melalui tautan dibawah ini:

Firefox Android: https://woiden.com/go/7rIiXK
Firefox iPhone: https://woiden.com/go/lrVk0I

Cara penggunaanya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses situs youtube.com dari web browser tersebut. Kemudian memainkan video musik youtube yang Anda inginkan. Saat video dimainkan, Anda cukup mengetuk tombol “Home” atau tombol tengah di smartphone Anda untuk mengalihkan ke layar Home Screen.

Pada langkah ini, video akan terus dimainkan meskipun aplikasi browser tidak dibuka secara langsung. Untuk membuka tab atau menghentikan pemutaran video, Anda bisa mengaksesnya dari menu Notifikasi Bar diatas layar dengan menggeser layar dari atas kebawah.