Cara Membatalkan Pembelian Aplikasi di Google Play Store

Diposting pada

Anda mungkin baru saja membeli sebuah aplikasi atau layanan dari Google Play Store karena alasan Anda tertarik dengan fitur yang diterangkan dalam deskripsi. Namun seringkali beberapa aplikasi yang tersedia di google play store tidak menyajikan sesuai dengan apa yang diterangkan dalam deskripsi atau preview.

Ini tentu membuat kita kesal, sebab beberapa aplikasi mungkin memiliki biaya yang cukup mahal dengan penggunaan yang tidak sesuai dengan harapan kita. Nah untungnya jika Anda mengalami itu, Anda bisa melakukan pembatalan pembelian atau melakukan refund dibanding Anda harus merelakan uang Anda berpindah tangan tanpa Anda benar-benar memanfaatkan layanan atau aplikasi tersebut.

Google telah menerapkan fungsional pengembalian dana atau proses refund yang dapat Anda lakukan. Sayangnya proses ini hanya mudah Anda lakukan sesegara mungkin ketika Anda baru saja membeli sebuah layanan/aplikasi. Jika Anda sudah menggunakan aplikasi hingga beberapa hari. Maka jangan harap untuk dapat melakukan refund.

Maka dari itu, sebagai saran Anda sebaiknya langsung memeriksa pengguna aplikasi secara menyeluruh setelah Anda membelinya. Apakah sesuai atau tidak. Jika tidak, Anda bisa melakukan refund dengan mengikuti proses atau langkah singkat berikut ini:

Cara Refund Uang Pembelian Aplikasi Layanan di Google Play Store

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda hanya bisa melakukan refund sesegera mungkin setelah melakukan pembelian. Durasi maksimal yang bisa Anda lakukan adalah 2 Jam setelah proses pembelian. Setelah itu, sangat sulit untuk melakukan refund.

Nah untuk melakukan refund, Anda hanya perlu membuka aplikasi google play store. Kemudian arahkan ke halaman aplikasi yang Anda tuju. Lalu ketuk tombol “Refund” yang tepat berada di samping tombol “Open” seperti pada contoh screenshot dibawah ini:

Apabila Anda tidak melihat tombol ini, maka itu berarti Anda sudah melewatkan durasi maksimal 2 jam yang ditentukan. Selain itu, fungsi refund ini hanya berlaku untuk pembelian pertama, dengan kata lain bahwa jika Anda sebelumnya telah membeli aplikasi ini kemudian melakukan refund dan melakukan pembelian lagi. Maka itu tidak dapat Anda lakukan. Intinya Anda tidak dapat melakukan refund pada pembelian kedua di aplikasi atau layanan yang sama.

Bagaimana Jika Melewatkan Batasan Durasi 2 Jam Pembelian?

Setelah Anda melewatkan durasi maksimal 2 jam untuk melakukan refund. Anda masih memiliki kesempatan untuk melakukan pembatalan pembelian dengan durasi maksimal 48 Jam atau 2 Hari Penuh. Namun proses ini sangat amat sulit, terlebih Anda harus melakukan pengajuan secara manual dengan mengisikan formulir lengkap yang diteruskan ke pihak Google. Formulir ini bisa Anda ajukan melalui tautan dibawah ini:

  • https://support.google.com/googleplay/contact/play_request_refund_apps

Selain ajuan yang cukup sulit Anda juga harus menunggu proses kerja hingga 2 hari dengan alasan formulir yang relevan. Dalam artian Anda memiliki alasan yang kuat untuk dapat melakukan pengembalian dana atau pembatalan pembelian aplikasi layanan.

Diluar dari batas waktu 48 jam, jangan berharap untuk dapat melakukan pembatalan pembelian. Sekuat apapun alasan Anda. Pembatalan pembelian tidak dapat dilakukan. Woiden pikir bahwa 2 hari adalah waktu yang sangat cukup untuk menentukan apakah aplikasi layak untuk Anda gunakan atau tidaknya.