Cara Mendengarkan Murottal Al Quran Melalui Google Assistant

Diposting pada

Setelah sekian lama hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa Internasional lainnya, kini Google Assistant telah resmi meluncurkan dukunganya untuk penggunaan bahasa Indonesia.

Hal ini disambut baik dengan berbagai pengembang aplikasi yang juga telah memanfaatkan dukungan ini kedalam fungsional aplikasi mereka. Dimana terlihat diawal peluncurannya, ada belasan aplikasi yang telah memanfaatkan dukungan google asisten dalam bahasa indonesia, salah satunya adalah aplikasi Al Qolam.

Al Qolam sendiri merupakan basis aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Google Assistant dan memiliki fungsi syi’ar mengenai agam Islam. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mendengarkan murottal Al Qur’an secara mudah, kapanpun, dan dimanapun Anda berada.

Hadirnya Al Qolam juga salah satu dari bukti bahwa kemajuan teknologi tidak hanya untuk penggunaanya dalam dunia pekerjaan, hiburan, ataupun komunikasi saja. Melainkan dapat kita gunakan sebagai media digital yang dapat memberikan kemudahan untuk memahami hakikat dan makna dalam Al Qur’an.

Sehingga tidak ada lagi alasan relevan bagi kaum Muslimin dan Muslimah yang masih buta dengan huruf Al Qur’an. Setidaknya dengan kehadiran Al Qolam bisa memberikan kontribusi nyata untuk meminimalisir angka buata huruf Qu’an diluar sana.

Penggunaan aplikasi asisten google ini sangatlah mudah, Anda tidak perlu menggunakan atau membeli perangkat keras tambahan sebagai alat bantu, yang Anda butuhkan hanya penggunaan fungsi Google Asisten yang mudah untuk diaktifkan.

Namun ada satu syarat perangkat yang harus dipenuhi agar dapat menggunakan fungsi Asisten google dalam bahasa Indonesia ini, yaitu sistem operasi yang digunakan minimal berbasis Android 5.0 Lollipop dan iOS 9.1. Lebih jelasnya mengenai cara pengunaan Al Qolam melalui Google Assisten bisa Anda simak pada langkah berikut ini:

Cara Menggunakan Al Qolam Melalui Google Assistant

Google Assistant umumnya tersedia secara built-in atau aplikasi bawaan untuk beberapa smartphone Android. Namun jika di smartphone Anda belum tersedia aplikasi ini sejak bawaan. Maka Anda bisa mendownload Asisten Google melalui Google Play Store atau App Store dibawah ini:

Android: https://woiden.com/go/GoogleAssistantAndroid
iOS/iPhone: https://woiden.com/go/GoogleAssistantiOS

Pastikan bahwa aplikasi Google Assistant yang Anda install merupakan versi terbaru. Jika tidak, lakukan Update atau Pembaharuan melalui Google Play Store atau Apple App Store. Selain itu, apabila aplikasi Anda tersedia dalam bahasa Asing/Bukan Bahasa Indonesia, silahkan Anda sesuai melalui menu setelan.

Caranya jalankan Google Assistant dengan menekan dan tahan tombol fisik “Home” hingga kurang lebih 3 detik untuk menampilkan jendela Asisten Google. Setelah itu, ketuk tombol  bagian pojok kanan atas, lalu ketuk ikon tiga titik.

Kemudian arahkan ke menu “Settings” -> “Phone” -> “Assistant Language” -> “Go To Language Preferences” -> “Add a Language” -> “Bahasa Indonesia”. Pada iPhone, setelan bahasa indonesia google asisten mengikuti dari setelan utama bahasa yang digunakan di perangkat itu sendiri. Setelah bahasa Indonesia telah Anda terapkan, selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan fungsi aplikasi. Cukup dengan menekan tombol “Home” selama tiga detik. Setelah jendela Asisten Google muncul, ketuk tombol microphone di tengah bawah layar, lalu katakan “OKE Google”.

Selanjutnya cukup katakan “Bicara Dengan Al Qolam” untuk memuat respon dari aplikasi. Kemudian katakan murottal yang ingin Anda dengarkan. Misalnya dengan dengan mengatakan “Putar surah Al baqarah”, “Murottal”, ataupun surah lainnya yang Anda igninkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Al Qolam di Android dan iPhone

Sebagai alternatif mudah untuk smartphone yang belum mendukung fitur Google Asisstant, Anda juga bisa menggunakan Aplikasi Al Qolam secara langsung. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store dibawah ini:

Android: Link Download Al Qolam Android
iOS/iPhone: Link Download Al Qolam iOS

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir serupa dengan asisten google. Dimana Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi seperti pengingat waktu sholat, pelacak arah kiblat, murottal Al Qur’an yang disiarkan oleh suara dari Shaikh Mishary Rashid.

Penggunaan aplikasi juga sangat mudah yang dilengkapi dengan beberapa fitur penerjemah dan Tajwid maupun Maqamat. Ada 7 Maqam yang tersedia dalam fitur ini diantaranya, Magam Nawahand, Maqam Hijaz, Maqam Shaba, Maqam Rast, Maqam Jiharkah, Maqam Sika, dan Maqam Bayyati.

Hebatnya, selain dalam format audio, aplikasi ini juga tersedia dalam format Video yang bisa memudahkan Anda untuk mempelajari contoh-contoh pengucapan serta penjelasan lengkapnya. Selebihnya bisa Anda simak langsung melalui aplikasi tersebut.