Cara Menggerakan Mouse Cursor PC Windows Dengan Keyboard

Diposting pada

Pada beberapa kasus touchpad laptop mendadak tidak dapat merespon sentuhan, ini biasanya terjadi ketika touchpad pada laptop itu mengalami panas berlebih atau mengalami kerusakan pada perangkatnya.

Begitu pula pada perangkat komputer, terkadang kita memiliki komputer yang dimana perangkat mouse mengalami kerusaka secara mendadak dengan pengaruh yang berbagai macam. Ada kala hal ini sangat menjengkelkan ketika Anda sedang bekerja dan belum sempat menyimpan berkas kerjaan Anda.

Maka salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan tombol di keyboard. Pada kebanyaka perangakt komputer, itu memiliki tombol arah yang terletak di pojok bawan kanan keyboard. Nah maka dari itu, jika kasus seperti ini terjadi pada Anda atau hanya untuk ingin mencobanya saja, silahkan ikuti beberapa langkah yang diterangkat dibawah:

Cara Menggunakan Keyboard Sebagai Penggerak Mouse Cursor di Komputer

Untuk melakukan ini, Anda tidak menginstall software tambahan atau program apapun itu. Sebab sejak bawaan, perangkat komputer windows sudah dilengkapi dengan fitur ini. Sehingga Anda cukup mengaktifkannya menekan tombol dibawah ini

ALT + SHIFT + NUMLOCK

Anda juga bisa membuka fungsi ini dengan mengetikkan “Mouse Keys” dari kolom start menu windows. Kemudian memilih menu “Move the pointer with the keypad using MousKeys”. Setelah Anda menakan tombol ini, sebuah popup menu akan tampil di tengah layar monitor Anda, seperti gambar dibawah ini:

Pada menu ini cukup mengetuk tombol “YES”, namun mengingat bahwa cursor Anda mungkin sudah tidak dapat digerakkan, maka Anda bisa menggunakan tombol “Alt + Tab” untuk mengarahkan menu ke jendela menu popup tersebut. Kemudian ketuk tombol “TAB” di keyboard untuk mengalihkan tombol yang di highlight di layar, saat garis highlight sudah mengarah ke tombol Yes, maka cukup ketuk “Enter” di keyboard”.

Kekurangan dari menu ini adalah, Anda tidak bisa menggunakan fungsi numlock di keyboard ketika sedang menggunakan fitur mouse keyboard ini. Namun woiden rasa Anda juga mungkin jarang menggunakana fungsi numlock.

Untuk mulai menggerakkan cursor di layar komputer, cukup menggunakan tombol 8, 4, 2, 6 dari numpad atau dengan menggunakan tombol arah di keyboard. Semua tergantung dari kenyamanan Anda menggunakan keyboard.

Program Mouse Keys Altenatif

Apabila Anda ingin menggunakan program yang memiliki fitur lebih atau yang lebih responsif ataupun jika fitur diatas di berjalanan semestinya di komputer Anda. Maka Anda bisa menggunakan alternatif software yang disebut dengan NeatMouse. Program ini bisa Anda download melalui tautan dibawah ini:

  • https://neatdecisions.com/products/neatmouse/

Penggunaan program ini juga cukup simpel, untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menekan tombol Num Lock, Scroll Lock, Caps Lock atau sesuai dengan tombol hotkey yang Anda terapkan di setelan program. Anda bahkan menyesuaikan sendiri tombol arah di keyboard yang Anda inginkan.