Cara Flash Firmware Android Menggunakan MiFlash

Ketika perangkat mengalami masalah software seperti bootloop atau brick yang dimana tidak memungkinkan lagi untuk diakses ke layar home. Maka salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flashing firmware untuk perangkat tersebut. Ada banyak alat flashing yang bisa digunakan untuk perangkat Android yang mengalami masalah pada software atau hanya sekedar ingin melakukan custom rom. Salah satu alatnya adalah MiFlash Tool. Tool ini merupakan software fastboot yang dikhususkan pada perangkat Xiaomi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada beberapa perangkat tipe lainnya.

MiFlash ini merupakan tipikal flashing dengan metode rom fastboot yang dimana sedikit perbedaan antara metode recovery yang biasanya dilakukan pada perangkat samsung. Dimana untuk menggunakan ini Anda harus menghubungkan smartphone Android Anda ke komputer untuk dapat mengakses system booting perangkat Anda, sedangkan pada mode recovery samsung, Anda memiliki opsi untuk dapat melakukan flashing langsung dari layar perangkat dengan syarat tertentu. Namun karena pada artikel ini yang dibahas adalah penggunaan pada xiaomi miflash. Maka tentu sebelum Anda menerapkan panduan dibawah, Anda membutuhkan perangkat komputer PC, USB Driver untuk perangkat Anda (Opsional) dan Kabel USB Data. Selebihnya silahkan mendownload MiFlash terlebih dahulu melalui link dibawah ini:

Mi Flash Tool: https://woiden.com/go/h3TAe2
Firmware Xiaomi: http://en.miui.com/download.html
USB Driver (Opsional): https://woiden.com/go/EY9c23
MiPhone Manager (Opsional): http://pcsuite.mi.com/

Setelah Anda mengunduh file diatas, silahkan Anda install di perangkat komputer Windows Anda. Sedangkan untuk file Firmware xiaomi, silahkan Anda simpan di folder yang mudah untuk Anda temukan nantinya. Setelah itu ikuti beberapa langkah yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Flashing Android Menggunakan MiFlash Tool

MiFlash mendukung untuk hampir semua perangkat xiaomi, termasuk untuk tipe Mi, Redmi, Note, S Series, Prime, dan Mi 5. Sedangkan untuk perangkat diluar tipe xiaomi, mungkin Anda harus mencari informasi kompabilitas terlebih dahulu melalui forum miui: http://en.miui.com/forum/id

Selebihnya untuk langkah flashing, Anda bisa melihat pada langkah berikut:

  1. Setelah Mi Flash Tool terinstall di perangkat komputer, Jalankan aplikasinya dan klik tombol “Browse” seperti gambar dibawah ini: 
  2. Selanjutnya, Cari folder dimana Anda menyimpan file firmware/rom smartphone Anda.
  3. Matikan smartphone Anda, kemudian masuk ke mode Fastboot, Caranya tekan sambil tahan tombol “Power” + “Volume Bawah”.
  4. Setelah itu, hubungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan kabel data USB.
  5. Kemudian beralih ke jendela Mi Flash, klik tombol “Refresh”
  6. Setelah smartphone Anda terdeteksi, Anda memiliki 3 opsi flashing yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:
  • Flash all: Menghapus/format semua data termasuk file di system perangkat Anda.
  • Flash all except storage: Menghapus semua data pengguna, namun tidak pada system perangkat (Reset Pabrik).
  • Flash all except data storage: Tidak menghapus data dan system
  1. Kemudian tekan tombol “Flash untuk mulai proses flashing.
  2. Setelah proses flashing selesai, maka smartphone Anda akan reboot otomatis.

Proses reboot hingga perangkat aktif kembali mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Jadi mungkin akan membutuhkan waktu lebih dari 5 menit. Setelah perangakt aktif kembali, Anda sudah dapat menggunakan smartphone Android Anda seperti biasanya.

You May Also Like