Cara Memainkan Game Berat Android Dengan GLTools (Graphics Optimizer)

Diposting pada

Hampir sebagian besar game menarik di Android saat ini memiliki minimum spesifikasi yang lumyan tinggi. Dimana untuk memainkan sekelas game Mobile Legend, Anda mungkin tidak lagi layak untuk bermain dengan ram dibawah 1GB. Ini karena visual dan graphic yang semakin baik seiring perkembangan aplikasi yang dilakukan oleh berbagai pengembang aplikasi saat ini.

Dulu mungkin Anda sudah dapat memainkan game menarik hanya dengan modal ram 512 mb, namun itu bisa berbanding saat ini yang dimana ram sebesar ini nyaris Anda hanya bisa memainkan game-game ringan. Sebagian besar game online bahkan membutuhkan kecepatan processor minimal 1,3 GHz. Itupun kecepatan ini merupakan kecepatan minimum yang dimana mungkin bisa saja masih mengalami lagging atau melambat saat bermain.

Nah untungnya ada sebuah aplikasi yang benar-benar bermanfaat untuk Anda gunakan ketika ingin bermain game berat. Aplikasi ini juga sudah banyak di ulas oleh tweaker diluar sana. Bahkan beberapa pengguna mengklaim bahwa dengan menggunakan tools ini, Anda bisa memainkan game sekelas mobile legend hanya dengan ram 1 gb tanpa lagging. Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi ini seperti berikut ini:

  • Mengubah Resolusi dan rendering untuk kecerahan aplikasi.
  • Mengubah nama GPU dan meningkatkan grafis terbaik, termasuk GPU low-end.
  • Mengontrol penuh tekstul dan kompresi aplikasi/game.
  • Optimasi shader
  • Aktivasi CSAA dan MSAA.
  • Virtual RAM dan VGA
  • Dan banyak lagi

Tentu ini sangat menarik. Tapi perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini memiliki fungsional untuk graphic optimizer yang membutuhkan akses rooting setiap perangkatnya. Sehingga jika Anda belum melakukan rooting sama sekali, Anda bisa menyimak terlebih dahulu artikel penerapan rooting woiden berikut ini:

Cara Menggunakan Aplikasi GLTools Android

Aplikasi ini dapat digunakan untuk versi Android 2.2 keatas. Namun sebagian besar aplikasi mungkin tidak didukung. Jadi sebaiknya digunakan untuk Android minimum versi 4.1 Jelly Bean. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store dengan harga 49 ribu untuk pembeliannya, jadi aplikasi ini resminya berbayar. Namun jika Anda tidak ingin membeli, Anda juga bisa mengunduh secara gratis melalui tautan dibawah.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.n0n3m4.gltools (Resmi/Berbayar)
  • https://woiden.com/go/zfoWe4 (NonResmi/Gratis)

Setelah aplikasi terinstall, silahkan membuka aplikasinya dan lakukan flashing otomatis untuk file custom aplikasi ini. Anda hanya perlu mencentang kedua pilihan, dan menekan tombol “Install”. Perangkat akan reboot, untuk penerapan flashing otomatis.

Setelah smartphone Android Anda hidup kembali. Buka kembali aplikasi GLTools, kemudian pilih aplikasi atau game berat yang ingin Anda mainkan tanpa lagging. Dalam contoh kasus ini, woiden memilih game mobile legend.

  1. Kemudian centang pilihan “Enable custom settings for this”.
  2. Setelah itu, dibawah menu ini terdapat beberapa pilihan kostumasi grafis. Jadi Anda cukup memilih yang sesuai atau sebagai saran seperti gambar dibawah ini 
  3. Selebihnya Anda bisa memilih “Use Template” sebagai jenis ram atau gpu yang Anda inginkan.
  4. Setelah itu jalankan game yang Anda pilih seperti biasa.

Anda mungkin akan melihat grafis yang lebih jernih atau penyusutan resolusi layar. Ini juga salah efek untuk membuat pengalaman grafis permainan jauh lebih baik dibanding Anda menerapkan pengaturan secara default. Selebihnya mungkin bisa Anda tanyakan, apabila ada sesuatu hal yang kurang dipahami.