Cara Menggunakan HP Android Sebagai USB WiFi Adapter

Diposting pada

Semua komputer atau PC membutuhkan Wireless Adapater agar dapat terhubung ke jaringan WIFI. Dasarnya perangkat PC seperti laptop atau komputer model terbaru, itu sudah dilengkapi dengan wireless adapter bawaan yang dapat langsung digunakan tanpa harus menambahkan perangkat tambahan apapun lagi. Wireless adapter ini tertanam dari dalam mainboard perangkat, bahkan driver atau software umumnya langsung terinstall otomatis ketika perangkat ini terhubung ke perangkat PC.

Sayangnya pada beberapa perangkat komputer yang cukup lawas, kerusakan pada wireless adapter seringkali tidak bisa dihindari. Misalnya wireless adapater tidak berfungsi untuk menjangkau jaringan wifi ataupun masalah lainnya. Solusi umum yang biasanya digunakan oleh orang yang mengalami masalah ini adalah dengan membeli USB Wireless Adapter eksternal yang dapat dihubungkan melalui colokan usb di komputer. Alat ini terbilang cukup murah dengan harga 40 ribu, Anda sudah bisa mendapatkannya dengan membeli di toko online ataupun di toko komputer di kota Anda.

Namun, jika Anda tidak berkenan untuk membeli alat ini. Maka ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan perangkat smartphone Android sebagai usb wifi adapter komputer Anda. Anda dapat mengubah android menjadi penangkap sinyal wifi ke komputer menggunakan aplikasi yang disebut dengan EasyTether. Aplikasi ini harus Anda install di Android Anda sebagai penangkap sinyal wifi dan di komputer Anda sebagai penerima jaringan sinyal wifi. Jadi Anda harus menginstall dua aplikasi di perangkat yang dibutuhkan, pertama smartphone Android dan komputer yang dituju.

Aplikasi EasyTether ini bisa Anda unduh melalui situs resmi mereka dibawah ini:

  • http://www.mobile-stream.com/easytether/drivers.html

Ingat Anda harus menginstall aplikasi ini di komputer dan android. Jadi pilih kedua perangkat Anda dari daftar link download yang tersedia. Untuk aplikasi Android, Anda juga bisa unduh langsung dari Google Play Store. Selanjutnya ikuti langkah dibawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi EasyTether di Android

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi EasyTether di Android dan driver EasyTether di komputer windows atau Mac OS Anda.

Kemudian pastikan Android Anda terhubung ke jaringan wifi yang Anda inginkan.

Setelah aplikasi dan driver terinstall serta wifi yang dituju telah terhubung. Anda perlu mengaktifkan usb debugging di Android Anda, caranya seperti artikel https://bhataramedia.com/usb-debugging-android/

Setelah itu hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel data USB. Ingat jangan memilih mode Media, File mode atau apapun untuk penghubung ke komputer. Biarkan android Anda terhubung dalam mode pengecasan (charging) saja.

Kemudian, buka aplikasi EasyTether di Android, lalu aktifkan pilihan “USB” seperti gambar dibawah ini. Jika Anda belum mengaktifkan USB debugging, pilihan ini tidak bisa diaktifkan. 

Setelah anda mengaktifkan mode usb di dalam aplikasi android. Beralih ke komputer, lalu klik kanan ikon EasyTether dari menu bar di komputer, kemudian pilih “USB: Android”.

Nah setelah Anda mengaktifkan pilihan ini, maka perangkat komputer Anda akan terhubung ke jaringan menggunakan jangkauan sinyal wifi yang didapatkan oleh perangkat smartphone Android Anda. Anda bisa menerapkan ini pada hampir sebagian besar perangkat atau device, namun mungkin akan terbatas pada perangkat iOS/iPhone saat ini, kecuali perangkat Mac OS yang sudah didukung. Selebihnya kalau ada pertanyaan, silahkan diajukan melalui kolom komentar.