Cara Merubah Domain Name System (DNS Server) MacOS

Diposting pada

Domain Name System (DNS Server) merupakan system penyimpanan informasi mengenai host atau nama domain yang dalam bentuk basis data publik untu didistribusikan ke jaringan komputer seperti Internet.

Ada banyak sekali fungsi dan kegunaan dari Domain Name System Server ini. Dimana salah satunya merupakan jantung yang memiliki perang penting dalam suatu kegiatan aksebilitas internet. Seperti memudahkan numeric angka host menjadi sebuah kata. Misalnya host yang beralamat 127.168.20.83 yang kemudian diubah lebih ringkas menjadi seperti bhataramedia.com. Berkat adanya DNS ini kita tidak perlu lagi mencatat sebuah angka numeric yang selayaknya nomor telepon hanya untuk mengakses sebuah situs atau website.

Tidak hanya itu, DNS juga biasanya digunakan sebagai penghubung jembatan antara server dan host untuk memungkinkan penerimaan dan request yang lebih tepat dan cepat. Ada beberapa ketersediaan DNS Server gratis yang bisa digunakan. Seperti dari layanan DNS Google, OpenDNS, dan yang baru-baru ini adalah CloudFlare. Namun mereka bukanlah satu-satu, melainkan ada banyak penyedia layanan dns gratis. Nah berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai bagaimana cara mengganti dns server di perangkat Macintosh OS dengan mudah dan cepat, lengkap beserta daftar layanan alamat dns gratis yang bisa Anda gunakan.

Cara Mengganti DNS Server di Macintosh OS Apple

Hampir serupa dengan beberapa perangkat lainnya, dimana Anda tidak perlu menginstall software tambahan lagi. Sebab fungsi ini sudah tersedia sejak bawaan perangkat dari jendela preference. Jadi ikuti saja langkah berikut ini:

  1. Buka jendela “System Preferences”.
  2. Kemudian cari “DNS Servers”, lalu pilih dari menu ini dari pilihan dropdown yang tersedia.
  3. Klik tombol tanda tambah (+), kemudian masukan alamat dns yang Anda inginkan. Beberapa daftar dns gratis sebagai berikut ini:
  4. Kemudian klik tombol tanda tambah (+) lagi, lalu masukan alamat dns kedua dari kolom yang tersedia.
  5. Klik “OK” dan “Apply”.

Nah setelah itu, Anda sudah berada dalam aktivasi dns yang anda masukan. Selanjutnya cobalah meninjau aktivasi melalui akses safari browser.

Itulah singkatnya untuk mengganti domain name system (dns server) di perangkat macinctosh os. Anda bahkan dapat mengganti hanya dalam beberapa menit saja. Jadi woiden harap artikel ini bisa menjawab dari apa yang Anda inginkan. Jika ada yang kurang dimengerti atau atau yang menurut Anda perlu ditambahkan, silahkan tinggalkan jejak itu melalui komentar dibawah.