Cara Reset dan Lupa Password MacBook

Diposting pada

Anda mungkin sedang mengalami dimana perangkat Mac Anda tidak dapat dibuka karena Password atau kata sandi yang Anda masukan tidak dapat dikenali. Ini biasanya karena adanya kesalahan pengetikan ketika Anda menginput password yang hendak digunakan, misalnya menggunakan capslock secara tidak sengaja ataupun dengan alasan lainnya.

Untnungnya ada beberapa metode mudah yang bisa Anda lakukan ketika itu terjadi pada perangkat Mac Anda. Memang begitu menyedihkan ketika Anda harus melakukan reset data, namun Anda tidak perlu melakukan hal itu. Karena Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah untuk mereset password Mac ketika Anda lupa password dari perangkat Anda.

Cara Reset Password Mac Melalui Apple ID

Pada layar login/masuk, Anda cukup klik ikon tanda tanya di sebelah kolom password. Disini Anda akan melihat pesan yang bertuliskan “If you forgot yout password, you can reset it using your Apple ID”. Jadi cukup ketuk arah tanda panah di sebelah tulisan tersebut. Kemudian masuk menggunakan Apple ID Anda dan password Apple Anda.

Pada tahap ini Anda harus memasukan kata sandi yang salah setidaknya maksimal tiga kali untuk opsi reset yang ditampilkan. Anda akan melihat menu popup yang muncul untuk melakukan reset, jadi cukup tekan tombol “OK”. untuk melanjutkan.

Nah pada menu popup baru, Anda dapat mengatur ulang password baru Anda dengan melengkapi ketiga kolom yaitu Password baru, ulangi password baru, dan Password Hint (clue berupa kata atau kalimat jika Anda suatu saat lupa password). Cukup klik tombol “Reset Password” ketika Anda merasa sudah yakin dengan password yang Anda masukan.

Cara ini mungkin hanya berlaku ketika Anda sebelumnya telah menautkan akun Apple ID Anda melalui “System Preference” -> “iCloud” di setelan Mac Anda.

Cara Reset Password Mac Melalui Akun Admin Lainya

Dalam Mac Anda mungkin telah terdaftar beberapa akun untuk login. Jadi jika itu benar, Anda dapat dengan mudah mereset dengan menggunakan bantuan dari akun admin lainnya yang memiliki akses ke mac tersebut. Anda hanya perlu masuk menggunakan akun admin lainnya dan mengarahkan ke langkah berikut:

  1. System Preference -> User & Group
  2. Klik kunci untuk mengubah setelan, Kemudian masuk menggunakan akun Anda admin lainnya sekali lagi.
  3. Pilih Akun yang Anda tuju, kemudian klik “Reset Password”.
  4. Nah cukup memasukan password baru yang Anda inginkan untuk akun yang Anda tuju beserta hint password.
  5. Setelah itu cukup klik tombol “Change Password” untuk menerapkannya.

Cara Reset Password Mac Menggunakan Master Password

Master password merupakan password utama yang dapat digunakan ketika hendak mengakses penuh semua perangkat. Master password sangat bermanfaat untuk mengelola berbagai setelan atau untuk cadangan password. Jadi ketika Anda sebelumnya telah mengaktifkan Master Password dari setelan system preferences. Maka Anda bisa menggunakan password tersebut.

Master password bisa diaktifkan melalui setelan “System Preferences -> Users & Groups -> Creat Master Password.

Cara Reset Password Mac Melalui Recovery Mode

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mereset melalui Recovery Mode. Cara ini sangat simple. Dimana Anda hanya perlu mengatur ulang melalui jendela terminal. Jadi cukup arahkan seperti langkah dibawah ini:

  1. Restart Mac Anda, kemudian pada saat layar menampilkan Logo Apple, tekan tombol “CMD + R” di keyboard mac Anda.
  2. Kemudian arahkan “Utilites -> “Terminal”.
  3. Nah jadi jendela terminal ini, ketika “resetpassword” tanpa tanda kutip. Kemudian tekan Enter.
  4. Anda akan melihat beberapa akun yang bisa Anda reset dari menu dropdown yang muncul.
  5. Anda cukup memilih akun yang Anda tuju, kemudian masukan password baru dan password hint untuk Anda gunakan.

Cara ini mungkin mengharuskan Anda untuk masuk menggunakan Apple ID. Jadi masukan apple id Anda untuk dapat mengubah password Mac Anda.

Selebihnya jika cara ini tidak memberikan apa yang Anda harapkan, maka salah satu cara efektif adalah dengan melakukan reset data di Macbook Anda. Reset data bisa Anda baca pada artikel woiden disini