Cara Menghapus File Otomatis di Folder Download Windows

Diposting pada

Anda mungkin sudah mengunduh banyak file dari internet ke komputer desktop windows Anda. Ini juga yang terjadi pada beberapa orang. Umumnya perangkat windows yang melakukan download sebuah file di internet, akan tersimpan secara default di folder download yang berada di drive C: user windows. Folder ini adalah folder paling umum yang mungkin hampir sebagian besar pengguna windows tau dan akrab dengan folder ini.

Seiring penggunaan komputer atau laptop windows. Anda mungkin memiliki banyak sekali file di folder download ini. Entah yang baru saja Anda unduh atau mungkin beberapa file yang Anda unduh secara tidak sengaja. Ini tidak hanya membuat isi dari folder akan semakin berantakan, namun juga semakin lama akan memenuhi kapasitas driver internal dari perangkat desktop Anda. Maka dari itu, salah satu hal yang sebaiknya Anda lakukan Anda memilah beberapa yang benar-benar Anda gunakan atau dengan menyusunnya di folder yang baru dan menghapus sisa file yang mungkin tidak akan Anda gunakan lagi.

Nah untungnya ada satu fitur bawaan dari windows yang memiliki fungsi bermanfaat. Dimana fungsi ini memungkinkan perangkat desktop Anda untuk menghapus beberapa file sekaligus secara otomatis berdasarkan file yang tidak pernah digunakan dalam sebulan belakangan. Fitur ini sendiri tersimpan dengan baik di pengaturan atau settings. Anda dapat mengaktifkannya melalui langkah dibawah ini:

Cara Menghapus File Tidak Terpakai Secara Otomatis di Windows

Langkah penerapan ini sangat amatlah mudah. Anda harus mengikuti langkah dibawah ini untuk membuka jendela seperti gambar diatas.

  1. Arahkan ke Settings -> System -> Storage
  2. Kemudian centang saklar fitur “Storage Sense”.
  3. Kemudian klik “Change how we free up space”.

Nah dari sini, Anda bisa memilih metode penghapusan file secara otomatis. Dimana tersedia pilihan “Delete files in my Downloads folder that haven’t changed for over 30 days” dan “Delete temporary files that my apps aren’t using”.

Anda bahkan dapat memilih pilihan “Delete files that have been in the recycle bin for over 30 days” ketika Anda ingin menghapus bersih semua file yang ada di folder “Recyle Bin” yang melebihi waktu 30 hari.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan di komputer atau laptop windows Anda ketika Anda ingin menghapus beberapa file yang tidak lagi Anda gunakan secara otomatis tanpa harus mencarinya satu-persatu. Selebihnya jika Anda merasa kebingungan dengan salah satu atau beberapa langkah yang dijelaskan diatas. Maka jangnan sungkan untuk berkomentar di kolom yang tersedia.