Cara Menutup Paksa Aplikasi Yang Terbuka di iPhone X - Woiden.com

6 Cara Menghemat RAM iPhone

Diposting pada

Sama halnya pada setiap perangkat smartphone atau tablet. Tidak peduli dari merek apa atau produksi mana dari sebuah gadget dibuat. RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peran penting dalam sebuah perangkat komputer maupun gadget. Termasuk pada salah satu perangkat buatan Apple yaitu iPhone.

Jika Anda pengguna perangkat Apple dan Android. Anda mungkin merasa bahwa Apple sepertinya tidak pernah menciptakan spesifikasi monster untuk perangkat yang mereka ciptakan. Selalu saja mereka menciptakan spesifikasi perangkat maksimal penggunaan sesuai analitis spesifikasi maksimal yang wajar. Dengan maksud bahwa spesifikasi tidak harus menjadi monster karena itu hanya terkesan mubazir, maka cukup dimaksimalkan saja.

Tidak sama pada desainnya, spesifikasi perangkat apple yang diproduksi massal selalu tidak futuristik, tidak sama seperti desain produk mereka yang selalu tampak masa depan. Termasuk pada RAM atau random access memory perangkat mereka. Namun hal ini bukanlah masalah, sebab dari visi mereka memang produk mereka adalah diciptakan sebaiknya untuk penggunaan berkala atau dengan kata lain, pengguna yang rutin upgrade perangkat.

Namun jangan putus asa, jika Anda memiliki perangkat iPhone yang menurut Anda kurang atau mungkin perlu dihematkan. Maka artikelĀ  ini akan menjelaskan 6 cara mudah untuk menghembat penggunaan ram di iPhone.

Me-Restart iPhone

iOS dikenal dengan perangkat dengan aplikasi latar belakangan yang cukup sadis. Ada beberapa aplikasi atau system yang akan secara otomatis berjalan tanpa Anda ketahui ini. Aplikasi atau system ini memang merupakan penunjang display/tampilan dan fungsional atau fitur iphone itu sendiri. Belum lagi pengguna iPhone cenderung tidak menutup aplikasi yang telah mereka jalankan. ini karena berbeda pada android, iPhone Anda hanya cukup menekan tombol home untuk beralih ke tampilan depan, sehingga ini sepenuhnya tidak menutup aplikasi alias hanya menyusutkannya.

Jika Anda sering memantau ini, itu tidak masalah. Namun untuk Anda yang pemalas untuk mengurusi hal sepeleh ini Anda perlu menyiapkan waktu berkala untuk melakukan restart. Woiden sendiri melakukan restart perangkat setiap harinya dan ini wajib secara pribadi diterapkan, karena perangkat secara dasar tidak mendukung untuk dinonaktifkan.

Untuk melakukan restart iphone seperti iphone X dan 8, itu cukup tekan dan Tahan Tombol “Volume Up” “Volume Down” + “Power” secara bersamaan.

Menutup Aplikasi Yang Masih Berjalan

Cara paling umum untuk menghemat ram iphone adalah dengan rutin menutup aplikasi yang telah digunakan. Anda bisa mengakses app switcher atau multitasking untuk menutup aplikasi ini. Pada iphone 6 dan 7 Anda cukup cukup menekan tombol “home” dua kali secara cepat, sedangka untuk iphone x cukup slide pojok layar dari bawah ke atas. Cara lainya pada iphone yang sudah mendukung 3D Touch, cukup tekan pinggiran atau sudut kanan layar tahan dan geser perlahan ke tengah.

Langkah ini akan membuat jendela aplikasi yang masih berjalan. Cukup slide ke atas untuk menutup aplikasi yang masih bejalan ini.

Menghapus Aplikasi Tidak Terpakai

Anda mungkin telah menginstall beberapa aplikasi yang sudah tidak Anda butuhkan. Misalnya aplikasi pembaca dokumen, game, berita, dan sebagainya. Untuk itu mulailah melihat daftar aplikasi Anda, dan hapus beberapa aplikasi yang menurutĀ  Anda tidak lagi Anda inginkan atau gunakan kedepannya.

Memindahkan File/Media Ke Komputer atau iCloud

Khususnya pada perangkat yang tidak memiliki banyak kapasitas ruang. Anda mungkin tidak merasa progress dimana kapasitas penyimpanan memory Anda sudah hampir penuh. Ini tentu juga akan memengaruhi kinerja perangkat saat penyimpan sudah mulai menumpuk atau mungkin sudah penuh. Maka sebaiknya, Anda memindahkan file-file ini ke komputer Anda atau dengan membackupnya ke iCloud untuk cadangan kedepannya.

Menonaktifkan Efek iPhone

iOS memiliki banyak efek yang justru menurunkan kecepatan kinerja perangkat iphone yang cukup lawas. Salah satu efek di ios adalah motion effect atau dulunya disebut dengan parallax. Efek ini akan membuat ikon folder atua aplikasi bergoyang ketika smartphone Anda dibolak balik atau digerakan. Untuk itu, sebaiknya Anda menonaktifkan efek ini, caranya arahkan ke “Settings” -> “Accessibility” -> “Reduce Motion”.

Efek lain yang mungkin perlu Anda kurangi adalah efek transparansi jendela atau background menu pintas. Caranya arahkan ke “Settings” -> “Increase Contrast” -> “Reduce Transparency”.

Menggunakan Aplikasi Ketiga

Ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang layar secara otomatis atau berkala. Aplikasi ini seperti Memory Cleaner, RAM Master, Memory Booster, atau RAM Toolbox.

Semua memiliki fungsi yang hampir serupa yaitu meminimalkan penggunaan RAM dan menampilkan analitis penggunaan ram di perangkat. Jadi selebihnya Anda cukup lanjut untuk mengunduhnya melalui App Store untuk lebih rinci mengenai fungsionalnya.

Kesimpulan

Itulah 6 cara mudah yang dapat Anda gunakan ketika RAM perangkat iPhone Anda sudah tidak lagi cukup untuk menampung beberapa aplikasi yang berjalan sekaligus di latar belakang. Selebihnya jika ada yang keliru atau mungkin kurang dimengerti mengenai artikel cara menghemat ram iphone ini, maka silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini.