Cara Menyembunyikan Foto dan Video di iPhone

Diposting pada

Meskipun fitur menyembunyikan media di iOS tidak diperkenalkan resmi oleh Apple. Tapi pihak mereka sendiri benar-benar membangun fitur bawaan pada iOS. Khususnya iPhone yang memungkinkan penggunanya dapat menyembunyikan media seperti foto dan video ke folder yang tersembunyi.

Woiden rasa, Anda tidak ingin membaca panjang lebar kalimat pembuka dari artikel ini. Jadi langsung saja ke inti artikel ini tentang bagaimana cara menyembunyikan foto dan video di iPhone dengan sangat mudah.

Cara Sembunyikan Foto dan Video di iOS

Untuk menggunakan fitur iPhone yang kurang dikenal ini. Buka “aplikasi Foto” atau “Camera Roll” Anda dan cari foto dan / atau video yang ingin Anda sembunyikan. Jika Anda memilih hanya satu foto atau video, lihat dulu, lalu tekan “ikon sheet” atau lihat gambar dibawah ini:

Jika Anda memilih beberapa foto sekaligus. Anda dapat melakukannya dengan slide menu ke kiri atau kanan dan memilih semua yang ingin Anda sembunyikan. Sebagai alternatif, Anda bisa menekan “Select” dari tampilan album. Kemudian tekan untuk memeriksa item yang ingin Anda sembunyikan, lalu tekan ikon “Shet” lagi.

Setelah Anda memilih semua foto dan video yang ingin Anda sembunyikan di menu sheet, slide ke tengah-tengah daftar aktivitas paling bawah, lalu ketuk tombol “Hide”. Pesan konfirmasi akan muncul, di mana Anda cukup mengetuk “Hide Photo” atau “Hide Video” untuk menyembunyikan media yang Anda pilih.

Sekedar informasi bahwa Anda juga dapat menyembunyikan foto dan video yang baru saja Anda ambil melalui kamera iPhone Anda. Cukup tekan ikon shortcut “Photos” kecil di aplikasi Kamera untuk melihat foto yang baru-baru ini diambil dan lakukan seperti langkah diatas.

Cara Melihat Foto dan Video Tersembunyi di iPhone

Setelah berhasil menyembunyikan media yang Anda pilih, media itu tidak akan lagi muncul di manapun di aplikasi Foto Anda kecuali di album “Hidden” yang akan otomatis dibuat. Folder atau album ini dapat diakses dari tab “Album”. Daftar media yang disembunyikan tidak akan muncul dalam tampilan Moments, Years, and Collections dari tab “Photos”, di tab “Memories”, atau di “Camera Roll” (atau “All Photos”) atau album lainnya selain “Hidden”. Bahkan item yang Anda sembunyikan yang diambil dengan aplikasi pihak ketiga akan berpindah dari map aplikasi masing-masing ke folder “Hidden”.

Jika Anda mengaktifkan iCloud Photo Library, apapun yang Anda sembunyikan di iPhone Anda juga akan disembunyikan di perangkat Apple Anda yang lain yang terhubung ke ID Apple Anda. Jadi, media hanya akan tersedia di album “Hidden” di iPad, Mac, dll.

Namun, jika Anda tidak menggunakan iOS 11 atau lebih tinggi pada perangkat iOS Anda, atau macOS High Sierra atau lebih tinggi di Mac Anda, setiap album foto yang Anda buat akan tetap menampilkan konten hidden Anda. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan versi OS terbaru untuk setiap perangkat Anda.

Cara Mengembalikan Foto dan Video Yang Tersembunyi di iPhone

Jika Anda ingin menampilkan foto atau video yang telah disembunyikan. Buka saja album “Hidden”, dan lakukan yang sebaliknya yang Anda lakukan saat menyembunyikannya. Pilih yang Anda inginkan, tekan ikon “shet”, ketuk “Unhide” dari baris activity.

Kesimpulan

Woiden harap artikel ini bisa sangat membantu Anda untuk mencari solusi. Ketika Anda ingin menyembunyikan foto dan video yang Anda miliki di iPhone agar tidak dilihat luas oleh orang yang tidak berwenang untuk itu.