Cara Menambahkan dan Logout Akun Gmail Google di Android

Diposting pada

Google memungkinkan Anda memiliki satu akuntabilitas yang dapat mengakses dan mengelola semua layanan dibawah naungan produk google hanya dalam satu akun saja. Layanan ini termasuk Youtube, Gmail, GPlus, Google Calendar, Google Note, Google Drive, dan banyak lagi. Tentu ini sangat memudahkan untuk Anda dapat mesinkronkan banyak layanan ini hanya dalam satu akuntabilitas saja. Akun ini bisa Anda gunakan melalui laman login di internet atua perangkat yang mendukung pengoperasian akun google, seperti smartphone atau tablet Android.

Android seperti yang kita tahu bahwa operating system ini masih dibawah kepemilikan dan pengembangan oleh Google dan Open Handset Alliance. Perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ini cukup terkenal dengan fitur dan fungsionalnya yang digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk perangkat smartphone yang menggunakan os Android. Sehingga, setiap perangkat Android, itu secara bawaan seharusnya Anda masuk menggunakan akun Google. Sebab ini tidak hanya digunakan untuk mengomentari konten dari layanan youtube, blogger, atau layanan google lainnya. Melainkan dengan masuk ke akun Google di Android, Anda sedikitnya bisa mengamankan dan mengelola lebih mudah data-data di Smartphone Anda.

Google Account selayaknya, iCloud pada iOS, Anda dapat mencadangkan data-data smartphone Anda termasuk kontak, foto, video, setelan perangkat dan banyak lagi ke akun google drive dan nantinya bisa Anda pulihkan kembali ketika Anda telah mereset atau ingin memindahkan data itu ke smartphone baru Anda.

Sejak pengaturan awal setelah pembelian smartphone baru, biasanya Anda akan dihadapkan pada layar pertama yang dimana Anda harus menyesuaikan setelan perangkat, termasuk layar yang menyarankan Anda masuk ke akun Google Anda. Maka Anda mungkin dapat dengan mudah menghubungkan akun Anda saat pertama kali dan ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Lain halnya ketika Anda suatu saat setelahnya Anda ingin menghapus, mengeluarkan atau logout akun google atau gmail Anda dari smartphone Anda. Penerapan ini sebenarnya cukup tersembunyi, namun tidaklah sulit untuk menemukan dan menerapkannya. Lebih jelasnya berikut adalah cara menambahkan dan logout akun google atau gmail di smartphone dan tablet Android.

Cara Menambahkan Akun Google Gmail di Android

Selain dari layar startup saat pertama kali membeli smartphone atau tablet Android, anda bisa menambahkan manual akun google melalui aplikasi setelan atau pengaturan smartphone Anda.

  1. Masuk ke “Pengaturan” atau “Settings” smartphone Anda.
  2. Alihkan ke menu “Pengguna & Akun” atau “Accounts” -> “Tambahkan Akun” atau “Add Account”.
  3. Selanjutnya, pilih Google untuk masuk ke semua layanan Google dari akun tersebut atua memilih Gmail untuk masuk ke akun email Anda.
  4. Ikuti petunjuk layar hingga Anda selesai masuk ke akun Anda.

Anda bisa menambahkan pola, password, atau pin untuk akun Anda untuk tujuan keamanan pada akun Anda.

Cara Menghapus Akun Google Gmail Dari Android

Sebaliknya untuk menghapus Akun Google atau Gmail Anda dari Android, Anda cukup melakukan langkah sederhana seperti berikut:

  1. Buka “Settings” atau “Setelan” smartphone Anda.
  2. Alihkan ke “Pengguna & Akun” atau “Accounts”
  3. Pilih akun yang ingin Anda keluarkan, kemudian pilih “Hapus akun”, “Remove account”.

Itulah dua cara mudah untuk menambahkan dan menghapus akun google atau gmail dari smartphone atau tablet Android secara cepat. Selebihnya jik ada yang keliru atau kurang dimengerti, bisa ditanyakan melalui kolom komentar yang tersedia.