Cara Clear Cache dan Clear App Data di Android

Diposting pada

Size atau ukuran file media aplikasi smartphone kita akan meningkat pesat setiap tahun bahkan bulannya. Semakin sering Anda menggunakan sebuah aplikasi di smartphone Anda, akan semakin menumpuk file data yang telah digunakan tersebut.

Terlebih pada aplikasi yang penggunaannya membutuhkan jaringan internet untuk memuat data kontennya, seperti aplikasi social media, browser, dan lainnya. File ini biasanya berupa data file yang mencakup history, cookies, cache, dan data lainnya.

Data cache adalah file, gambar dan file media lainnya yang tersimpan pada perangkat Anda oleh aplikasi atau situs web yang telah Anda gunakan. Data dalam cache adalah aplikasi khusus dan disimpan oleh aplikasi di ruang yang dipesan sehingga setiap kali Anda memuat aplikasi, sudah ada informasi yang siap ditampilkan dengan cepat. Misalnya, tata letak sebuah situs web dapat disimpan sebagai data dalam cache sehingga pada saat Anda mengunjungi halaman berikutnya, akan memuat lebih cepat.

Apabila Anda tidak pernah memperhatikannya atau malah mengabaikannya, data ini bisa menumpuk dan menyita sebagian besar kapasitas memory internal maupun eksternal /sd card Anda. Maka penting untuk memperhatikan hal seperti ini yang mungkin Anda anggap sepele.

Anda bisa menghapus file data ini tanpa harus takut untuk kehilangan riwat penggunaan aplikasi Anda. Namun ini tergantung pada situasi dan pada aplikasi apa yang hendak Anda hapus seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Informasi Penting

Pada aplikasi seperti social media (Ex: Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest) browser, aplikasi berita, ecommerce Anda aman untuki menghapus Data Aplikasi/ App Data. Data App atau Data Aplikasi sendiri merupakan cakupan keseluruhan file dalam aplikasi.

Ketika Anda menghapus Data App, ini akan menghapus semua file aplikasi selayaknya baru pertama kali diinstall. Saat Anda menghapus Data aplikasi, ini Anda akan diwajibkan Anda login/masuk (jika dibutuhkan) kembali ke akun Anda setelah menghapus data aplikasi. Ini tentu akan merepotkan Anda seperti aplikasi penting seperti WhatsApp, Line, Email, Game Online, dan lainnya.

Sedangkan, jika Anda tidak ingin repot untuk login atau masuk kembali ke akun aplikasi Anda, maka Anda cukup menghapus Cache Aplikasi. Ini lebih tepat Anda terapkan pada aplikasi yang memiliki peran cukup vital di smartphone Anda, misalnya seperti aplikasi pesan (WhatsApp, Line, BBM), Aplikasi Google (Google Play Store/Games/Service), Game Online (Mobile Legend/Rules of Survival/PB Strike/Dll). Sebab mungkin Anda tidak ingin memuat ulang aplikasi penting ini dari awal seperti baru diinstall.

3 Cara Untuk Menghapus Data Cache Android

Hapus Data Cache Aplikasi Android Melalui Pengaturan Memory

Anda dapat menghapus semua data dalam cache dengan menggunakan aplikasi Setelan di Android.

Buka aplikasi Setelan dan ketuk Storage atau  Storage & Memory. Dari sini Anda dapat melihat jumlah memori yang dikonsumsi oleh aplikasi dan media lainnya pada perangkat Anda.

Ketuk Cache Data untuk menampilkan jumlah data dalam cache pada perangkat Anda.

Sebuah pop up akan meminta konfirmasi Anda untuk menghapus data dalam cache. Ketuk OK  untuk menghapus semua data cache aplikasi Anda.

Hapus Data Aplikasi Android Melalui Pengaturan Aplikasi

Jika menghapus data aplikasi dari semua aplikasi sepertinya tidak sesuai untuk Anda, Anda dapat memilih untuk menghapus data cache aplikasi satu per satu hanya ketika Anda harus melakukan ini karena mengalami masalah tertentu seperti bug atau over usage pada aplikasi.

  1. Buka Setting dan ketuk Apps.
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus data.
  3. Pada tab App Info, ketuk Storage.

Di sana Anda bisa membersihkan data aplikasi hanya dengan mengetuk pada pilihan yang diinginkan.

Hapus Data Cache Aplikasi Android Melalui Aplikasi Ketiga

Beberapa jenis smartphone tidak mengizinkan penggunanya untuk menghapus Data Aplikasi (Selain Cache), sehingga jika Anda merasa bahwa penerapan diatas cukup sulit diterapkan atau mungkin perangkat Anda tidak mendukung.

Maka solusinya, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh dari google play store berikut:

  • Clear Data: https://woiden.com/go/ebShmN
  • Du Cleaner: https://woiden.com/go/oYXnI9

Demikianlah 3 langkah yang dapat Anda gunakan untuk Clear Cache dan Clear Data Aplikasi di Android Dengan Mudah. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.