Cara Melihat Persen Kekuatan Sinyal iPhone di iOS 11

Diposting pada

Indikator sinyal pada sebuah iPhone dengan iOS 11 itu hanya menampilkan sebuah bar diagram batang dengan jumlah batang atau garis 1 hingga 4 garis bar diagram saja. Ini mungkin sudah cukup berguna untuk melihat kekutan sinyal.

Tidak seperti pada indikator Baterai yang dapat menampilkan visual indikator dalam bentuk angka dan persen. Secara bawaan, iPhone tidak menerapkan seperti itu. Tidak hanya pada iPhone, smartphone lainnya juga woiden rasa sebagian besar tidak menerapkan indikator sinyal dalam bentuk angka.

Masalahnya untuk pengguna seperti Woiden yang dimana berdomisili di tempat yang jangkauan sinyalnya berlarian kesana-kemari dan tertawa. Namun bila saat berpisah telah tiba, itu jaringan untuk keperluan internet seperti 3G maupun 4G, LTE benar-benar hilang.

Sehingga untuk indikator yang lebih detail sangat diperlukan. Ini untuk menentukan dengan tepat dimana spot yang terbaik untuk menempatkan smartphone kita agar menjangkauan jaringan maksimal di sekitar wilayah tersebut.

Untungnya ada beberapa cara yang mungkin sudah ada sejak dari dulu untuk melihat indikator kekutaran sinyal dalam bentuk angka. Namun penerapan ini tidak akan menampilkan secara spesifik, tapi di bagi per 5-10 poin level kekutatan sinyal. Penerapan ini akan merubah sinyal secara visual di bar status Anda menjadi decibel-milliwatts (dBm), unit absolut yang digunakan untuk mengukur jangkauan request sinyal Anda dari menara seluler atau BTS.

Persyaratan

Sayangnya, di iOS 11, Anda hanya dapat melihat kekuatan sinyal 4G LTE ke menara sel terdekat jika Anda memiliki iPhone dengan modem nirkabel Intel, bukan perangkat Qualcomm. Meskipun Anda dapat mengakses pembacaan data serupa di kedua versi, hanya model iPhone berikut dengan chip nirkabel Intel yang dapat menampilkan dBm yang Anda inginkan.

  • iPhone X: A1901
  • iPhone 8: A1905
  • iPhone 8 Plus: A1897
  • iPhone 7: A1778
  • iPhone 7 Plus: A1784

Untuk melihat apakah nomor model iPhone Anda cocok dengan yang di atas, buka aplikasi Setelan/Settings, lalu buka General -> About -> Legal -> Regulatory. Di bagian atas halaman, Anda akan melihat nomor model A #### Anda.

Jika model Anda tidak termasuk dalam daftar di atas, Anda tetap dapat mencoba langkah-langkah dibawah. Sebab beberapa kasus diluar smartphone yang disebutkan ternyata tetap dapat melakukannya.

Langkah 1: Gunakan Kode Dial

Untuk melihat kekuatan sinyal Anda saat ini dalam jumlah sebenarnya, Anda harus memasukkan mode panggilan atau Dial pada iPhone Anda. Ketikan no dial berikut di kolom panggilan telepon iPhone Anda:

  • *3001#12345#*

Jadi, buka tab panggilan telepon Anda ke tab “Keypad”, ketik kode di atas, lalu ikuti dengan menekan tombol panggil hijau. Jika Anda melihat menu seperti gambar dibawah, itu berarti Anda dapat mencobanya di iPhone Anda.

Langkah 2: Melihat Kekuatan Request Sinyal iPhone

Dari menu utama seperti digambar langkah pertama, cukup pilih “LTE,” lalu “Serving Cell Meas” di halaman berikutnya. Pada halaman ini, Anda akan melihat angka di sebelah rsrp0 dan rsrp1.

Daftar pertama adalah menara sel yang saat ini terhubung dengan Anda, sedangkan yang terakhir adalah menara cadangan terdekat. RSRP sendiri merupakan singkatan dari ” reference signal received power”.

Langkah 3: Tentukan Penerimaan Nyata Anda

Anda cukup memperhatikan nomor rsrp0, yang paling dekat dengan digit yang akan muncul di bilah status Anda. Angka tersebut harus ditampilkan sebagai angka negatif karena begitulah kekuatan sinyal dBm diukur. Semakin dekat angka negatif adalah 0, semakin baik penerimaan Anda. Semakin besar angka negatifnya, semakin buruk penerimaan Anda. Kemudian, bandingkan dBM Anda dengan yang ada dalam daftar di bawah ini.

  • -90 atau lebih tinggi = Sangat baik nih
  • -91 sampai -105 = Lumayan untuk streaming
  • -106 sampai -120 = Boleh lah
  • -121 sampai -124 = Sinyal sekarat bos
  • -125 = Fakir sinyal

Jadi, dalam kasus saya, iPhone saya berada di -100, yang masuk dalam kategori “lumayan untuk streaming”. Pada kategori ini bar sinyal saya adalah 4/4, yang mungkin karena bar keempat mencakup semuanya dari kategori “kedua teratas” dan lebih tinggi.

Kesimpulan

Jika iPhone Anda tidak mendukung penerapan ini. Anda bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fungsi serupa. Aplikasi ini banyak tersedia di App Store. Tinggal Anda unduh dan jalankan aplikasinya untuk melihat angka frekuensi sinyal yang didapatkan.

Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel ini, silahkan meninggalkan pada kolom komentar yang tersedia dibawah.