Cara Download Video Facebook Langsung Tanpa Aplikasi Apapun

Diposting pada

Anda mungkin pernah berpikiran untuk mendownload sebuah video yang Anda lihat di facebook. Sama halnya dengan woiden sendiri, dimana itu pernah terlintas saat melihat sebuah video yang begitu menarik untuk dibagikan secara langsung ke teman atau kerabat dekat.

Seperti yang kita tahu bahwa beberapa tahun belakangan Facebook mulai gencar mengoptimalkan fitur video mereka di berbagai platform jejaring mereka seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Tidak dapat dipungkiri perkembangannya begitu pesat, bahkan untuk video facebook, penerbitknya dapat menguangkan video mereka dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tidak heran, feed facebook kita mulai cukup banyak dibanjiri oleh postingan berupa video. Tidak sedikit dari postingan itu cukup menarik untuk kita unduh sendiri. Ini agar kita dapat melihatnya kembali diwaktu yang akan datang atau untuk dibagikan.

Sayangnya, sama seperti pada sebagian besar platform berbagi video. Ini tidak mungkin dapat dilakukan secara legal atau resmi. Lagi-lagi masalah copyright atau hak cipta ini menjadi alasan mengapa video tidak di facebook tidak dapat di unduh secara Cuma-Cuma dengan satu tombol saja selayaknya mengunduh dari situs downloader lainnya.

Tapi tenang saja, sebab ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk tetap dapat mengunduh video di Facebook dengan mudah. Bahkan Anda tidak membutuhkan aplikasi atau software apapun yang dibutuhkan. Selama Anda memiliki web browser di handphone atau komputer Anda, ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut dibawah ini adalah 2 cara yang mudah untuk mengunduh video facebook tanpa aplikasi:

Metode 1: Download Video Facebook Lewat Situs Online

Ada beberapa situs web site yang menawarkan pengunjungnya untuk dapat mengunduh video dari facebook langsung dari situs mereka. Dimana kita cukup memindai atau copy url atau link dari laman video tersebut. Kemudian membiarkan situs web itu, menyiapkan tombol sekali klik untuk dapat mengunduh langsung video yang kita inginkan.

Beberapa situs facebook video downloader sebagai berikut ini:

  • https://www.fbdown.net
  • https://video-download.co
  • https://www.snaptubeapp.com

Metode 2: Download Video Facebook Langsung Dari Web Browser

Pertama-tama, arahkan ke laman video facebook yang Anda ingin unduh. Anda wajib membukanya dari web browser, bukan dari aplikasi facebook. Setelah itu salin atau ubah url/link yang ditampilkan di web browser dari “https: // www” menjadi “https: // m“.

Sebagai contoh, video facebook yang saya ingin download, itu urlnya sebagai berikut:

  • https://www.facebook.com/video.php?v=852749211435663&set=vb.404427976267791

Maka, saya ganti urlnya menjadi berikut ini:

  • https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=852749211435663&id=404427976267791

Tidak mutlak Anda mengubah url sama persis dengan yang saya ubah diatas, namun Anda cukup mengubah awalan dari “www” menjadi “m”, ini agar tampilan laman berubah menjadi versi mobile.

Nah, selanjutnya cukup klik tombol Opsi/Options di sisi video. Kemudian pilih “Save video as”. Lalu pilih folder dimana Anda ingin menyimpan video tersebut.

Kesimpulan

Langkah ini dapat Anda terapkan dengan mudah, namun mungkin Anda perlu login atau masuk terlebih dahulu sebagai akun facebook Anda untuk menampilkan tombol “Opsi/Options” dari video yang ingin Anda download.