Cara Mengubah Resolusi Layar Android Tanpa Root

Diposting pada

Ketika saya pertama kali menggunakan iPhone, saya cukup terbiasa dengan ukuran layar 5 inci. Namun ketika beralih ke Samsung Tablet. Saya merasa berbeda dan perlu penyesuaian lagi. Misalnya ukuran font dan ukuran keyboard.

Sering kali saya typo mengetikan sesuatu dari ukuran layar yang berbeda dari yang biasa saya gunakan. Untungnya ada cara untuk mengubah resolusi layar Android tanpa harus melalukan rooting. Ini cukup bermanfaat.

Peringatan

Perlu diketahui bahwa walaupun ini tidak memerlukan akses root, tapi penerapan ini cukup beresiko. Sebab mengubah layar DPI pada Android akan menyebabkan Google Play Store menetapkan label smartphone Anda tidak kompatibel untuk beberapa aplikasi tertentu.

Hal ini karena beberapa kasus, pengembang aplikasi tidak menyediakan kompabilitas untuk ukruan layar tertentu. Misalnya seperti game Mobile Legend yang tidak mendukung untuk beberapa ukuran layar tertentu. Sehinga penerapan ini tetap harus Anda pertimbangkan sebelum mencobanya.

Langkah 1: Instal ADB

Seluruh proses ini bergantung pada perintah atau command ADB ke perangkat Anda, jadi jika Anda belum pernah menginstall ADB atau Fastboot di komputer Anda, silahkan baca terlebih dahulu artikel woiden berikut ini:

Langkah 2: Ketahui DPI (Ukuran Layar) Asli Smartphone Anda

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memeriksa DPI asli smartphone Anda. Ini penting untuk memudahkan Anda kembali ke resolusi awal, jika terjadi kesalahan atau error. Hubungkan Android Anda ke komputer Anda.

Buka Terminal (Mac) atau Command Prompt (Windows), lalu masukkan perintah berikut . ketikan salah satu yang paling sesuai.

  • adb shell dumpsys display | grep mBaseDisplayInfo

Lihat output yang bertuliskan “Density”, di samping tulisan itu tercantum nilai asli DPI Anda. Tulislah atau hafalkan nomor itu untuk antisipasi nantinya..

Langkah 3: Ubah DPI Anda

DPI yang Anda pilih hanya bergantung pada preferensi pribadi Anda. Smartphone Android dibuat dengan DPI bawaan dari pabrik mulai dari 120 hingga 640, namun diketahui bahwa saat Anda menurunkan nilainya, ikon dan ukuran font akan menurun juga.

Sekarang, melalu jendela Terminal atau Command Prompt Anda, masukkan perintah berikut untuk mengubah DPI Anda. Pastikan untuk mengubah DPI dengan resolusi apapun yang Anda pilih.

  • adb shell wm density DPI && adb reboot

Perangkat Anda akan reboot secara otomatis, dan setelah kembali aktif, DPI (Resolusi Layar) baru Anda akan diterapkan. Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada masukan mengenai artikel kali ini, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.