Cara Menambahkan Local User dan Administrator Baru di Windows 10

Diposting pada

Satu perangkat  komputer, laptop atau netbook itu bisa saja digunakan dan dimiliki oleh lebih dari satu orang. Misalnya perangkat yang dimiliki oleh kedua saudara adik dan kakak untuk menghemat biaya pengeluaran orang tua.

Ini tentu wajar saja dan sudah banyak pengguna seperti ini di Indonesia. Tidak hanya karena faktor yang disebutkan itu, melainkan perangkat pc saat ini yang justru sangat mendukung penerapan ini. Dimana ada beberapa perangkat yang mendukung beberapa user tetap dalam satu perangkat saja. Termasuk di perangkat Windows itu sendiri.

Microsoft Windows yang terkhusus pada Windows 10 itu memungkinkan Anda membuat lebih dari satu local user atau administrator. Walaupun pada dasarnya ini juga sudah tersedia di versi sebelumnya.

Penerapanya-pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah untuk dapat membuat local user atau administrator baru di windows 10  Namun pastikan bahwa untuk local user itu tidak memiliki cara alternatif untuk login ketika anda melupakan password atau kata sandi akun itu.

Yang dapat memulihkan kata sandi hanyalah akun administrator, maka Anda tentu harus waspada tidak hindari kecerobohan itu sendiri.

Cara Membuat Local User Baru Windows 10

On Windows 10 Home and Windows 10 Professional editions:

  1. Tekan tombol Start Menu, kemudian alihkan Settings -> Accounts -> Family & other people -> Add someone else to this PC.
  2. Masukan username, password, dan password hint. Kemudian ketuk Next untuk membuat local user baru tersebut.

On Windows 10 Enterprise edition:

  1. Tekan tombol Start Menu, kemudian alihkan ke Settings -> Account -> Other people -> Add someone else to this PC.
  2. Pada bagian bawah laman, pilih I don’t have this person’s sign-in information, kemudian pilih Add a user without a Microsoft Account.
  3. Masukan username, password, dan password hint. Kemudian ketuk Next untuk membuat local user baru tersebut.

Cara Membuat Administrator Baru Windows 10

Sedangkan untuk membuat akun Administrator baru. Arahkan ke Start Menu -> Settings -> Account -> Family & other people (atau Other people, jika Anda menggunakan Windows 10 Enterprise).

Kemudian pilih Change account type, tepatnya dibawah Account type. Lalu pilih Administrator -> OK

Restart komputer Anda, lalu lihat hasilnya. Apakah akan Administrator Anda berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak ulangi langkah ini dengan baik.

Kesimpulan

Mungkin itu saja langkah mudah untuk membuat local user atau Administrator di Windows 10 pada semua versi. Selebihnya, jika ada yang kurang dipahami, silahkan saja tinggalkan melalui kolom komentar dibawah ini.