SONY DSC

Cara Membuka Dua Layar Aplikasi Sekaligus (Multi-Window) di Android

Diposting pada

Android secara resmi belum menanamkan fitur multi-window di operating system mereka. Namun, ada kabar bahwa di versi Android nantinya akan disisipkan fitur ini untuk memudahkan pengguna melakukan multitasking.

Multi-window sendiri merupakan fungsi yang memungkinkan layar smartphone Anda terbagi dua, sehingga Anda dapat menampilkan dua jendela aplikasi yang terbuka sekaligus dalam satu waktu seperti pada gambar thumbnail artikel ini.

Umumnya mungkin di Indonesia, sudah ada beberapa smartphone yang menawarkan fitur multi-window ini. Namun fitur mereka disisipkan melalui aplikasi yang dirancang oleh produsen smartphone itu sendiri, intinya tidak dari Androidnya.

Pada dasarnya hampir semua versi Android sudah dapat melakukan fungsi multi-window. Hanya dengan menggunakan aplikasi yang serupa dengan yang digunakan oleh beberapa smartphone yang menawarkan fitur tersebut.

Namun untuk perangkat Android lain mungkin perlu melakukan rooting terlebih dahulu untuk dapat melakukan penerapan ini. Tapi ini benar cukup root saja tanpa custom ROM. Mengingat melakukan root saat ini sudah sangat mudah dilakukan, berarti Anda tidak seharusnya lagi bingung menyisipkan fungsi ini di perangkat Anda.

Panduan root lebih lengkap bisa Anda baca pada artikel woiden berikut ini:

Langkah instalasi fitur multi-window, bisa Anda simak pada uraian dibawah ini:

Instal Xposed Framework

Langkah pertama setelah melakukan rooting adalah dengan mengunduh modul Xposed Framework melalui tautan dibawah ini:

  • http://repo.xposed.info/module/de.robv.android.xposed.installer

Xposed Framework memerlukan akses root untuk menginstal dan menyediakan platform yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tweak. Tweak ini biasanya membutuhkan flashing custom ROM, tapi untuk kali ini Anda tidak perlu melakukannya.

Setelah Xposed Framework Installer diatas terinstall. Buka aplikasinya, dan ketuk tombol “Install/Update” pada jendela Framework.

Tahap ini mungkin akan melakukan reboot pada perangkat Anda untuk menerapkannya sepenuhnya. Jika itu terjadi, biarkan saja.

Instal XMultiWindow

Setelah perangkat Anda aktif. Buka kembali aplikasi Framework di smartphone Anda. Kemudian pada tab “Download” cari modul bernama “XMultiWindow”. Jika Anda membaca Artikel ini dari browser smartphone Anda, arahkan ke tautan dibawah ini:

  • http://repo.xposed.info/module/com.lovewuchin.xposed.xmultiwindow

Download dan aktifkan modul di perangkat Anda. Sekali lagi mungkin perangkat Anda akan melakukan reboot untuk menerapkan modul dengan baik di smartphone Anda.

Memilih Aplikasi

Buka aplikasi XMultiWindow dari daftar aplikasi Anda untuk memulai. Ketuk menu sidebar “Settings” di aplikasi, ketuk Sidebar App Settings, dan gunakan tombol Add untuk menambahkan aplikasi yang ingin Anda multitask.

Aplikasi yang Anda tambahkan ke daftar ini akan muncul di sidebar sehingga Anda dapat membukanya dalam mode layar terpisah.

Membuka Aplikasi Split-Screen Dari Sidebar

Ketuk opsi “Open Sidebar” di aplikasi XMultiWindow untuk menampilkan menu bilah daftar aplikasi di layar. Kemudian gesek dari sisi kiri layar Anda. Sidebar akan muncul di sisi kiri layar Anda di atas aplikasi lain yang berjalan.

Untuk membuka aplikasi dalam mode layar terpisah, tekan lama ikon shortcut aplikasi di bilah menu ini dan ketuk “Add to up Workspace” atau “Add to down Workspace”. Jika layar Anda berorientasi horizontal, Anda akan melihat opsi “Add to left Workspace” dan “Add to right Workspace”.

Saat Anda membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan, gesek ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka pemberitahuan dan ketuk notifikasi Sidebar Running. Ini akan menutup sidebar, membebaskan ruang layar Anda. Anda selalu dapat menggesek dari kiri lagi jika ingin melihat bilah menu ini dan membuka aplikasi lain.

Kesimpulan

Jika smartphone Anda mendukung untuk menduplikat aplikasi atau game. Cara ini biasa orang gunakan untuk memainkan dua akun game secara bersamaan. Beberapa juga menggunakan ini cara ketika ingin menonton video sambil chatting dengan doi.

Whatever tujuannya, fungsi ini sudah cukup baik digunakan. Hanya saja mungkin akan mengalami lagging jika RAM/CPU Anda tidak cukup kuat untuk menerapkannya. Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalakan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.