Cara Merekam Layar Android 4.0 Jelly Bean Atau Lebih Tinggi

Diposting pada

Ada banyak alasan seseorang ingin merekam layar smartphone mereka. Entah itu untuk tujuan memperlihatkan cara bermain ia dalam sebuah game tertentu kepada temanya atau untuk sebagai panduan tutorial untuk dibagikan.

Tidak peduli apa tujuanya, namun merekam layar adalah salah satu hal yang terbaik untuk membagikan apa yang Anda lihat di layar smartphone Anda ke orang lain secara rinci. Dibanding hanya membagikan gambar, video adalah metode yang menarik.

Di smartphone Android sendiri, pengguna sudah dapat dengan mudah merekam layar smartphone mereka saat sedang bermain game dengan fitur Google Play Games. Atau mungkin juga menggunakan aplikasi ketiga yang sangat banyak tersedia di Google Play Store. Mulai dari fungsional yang membutuhkan root ataupun tidak sama sekali.

Namun, dari sebagian besar, bahkan semua aplikasi yang tersedia secara resmi, itu hanya dapat berfungsi pada perangkat Android minimal 5.0 Lollipop atau yang lebih tinggi. Ini tentu cukup suram, mengingat masih banyak pengguna Android 4.0 Jelly bean, termasuk Woiden sendiri yang masih memiliki perangkat yang menggunakan Versi Android lawas ini.

Untungnya, ada banyak jalan menuju roma. Salah satu pengembang aplikasi dengan baik hatinya menciptakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna minimal pengguna Android 4.0 Jellybean sekalipun dapat merekam layar mereka bahkan berfungsi dalam sebuah game. Aplikasi ini bernama SCR Screen Recorder.

Dengan begini tidak ada alasan lagi bahwa ada pengguna android jelly bean yang tidak mampu merekam layar smartphone mereka.

Fitur:

  • Bebas iklan sama sekali
  • Face Cam (merekam wajah melalui kamera depan)
  • Pengaturan rekaman sangat lengkap
  • Fitur Alpha dari Google
  • Pengaturan Sumber Audio
  • Ukuran Aplikasi Ringan (5Mb) dengan kualitas Rekaman HD
  • Dan banyak lagi

Persyaratan:

Setiap fungsi alternative itu sebagian besar mengharuskan penerapan tambahan. Sama halnya dengan ini, dimana pengguna yang ingin merekam layar menggunakan aplikasi SCR Screen Recorder ini. Mereka tentu harus telah melakukan rooting di perangkat mereka.

Jika Anda belum pernah melakukan rooting, Anda bisa menyimak penerapan pada artikel woiden berikut ini bahkan hanya dengan satu klik saja setelah menginstall salah satu aplikasi rooting tertentu

Setelah perangkat Anda telah di root, selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke langkah lengkap dibawah ini beserta penjelasan rincinya.

Cara Rekam Layar Android

Langkah 1: Unduh dan Install SCR Recorder Pro

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store karena aplikasi ini telah di Banned beserta sang pengembang aplikasinya dari daftar Google Play Store. Sehingga Anda harus mengunduhnya melalui situs eksternal berikut ini.

  • https://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2422061

Setelah Anda mengunduh file apk-nya. Silahkan Anda install di perangkat Android Anda dengan mengetuk file apk tersebut. Pastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan “Sumber tidak dikenal” atau “Unknown source” di pengaturan Smartphone Anda, untuk dapat menginstall aplikasi dari luar Google Play Store.

Langkah 2: Izinkan Akses Root

Setelah aplikasi terinstall pertama kali, Anda mungkin harus mengizinkan fungsi root dari aplikasi perekam ini. Caranya tekan “Izinkan” atau “Grant” ketika sebuah popup muncul saat membuka aplikasi Pro.

Jika menu popup ini tidak muncul, dan aplikasi pro tidak terhubung otomatis. Maka buka aplikasi pengelola rooting Anda (SuperSU/User atau Kingroot) dari daftar aplikasi Anda.

Kemudian buka daftar aplikasi diizinkan atau “Permissions”. Dan berikan akses atau izin untuk aplikasi SCR Screen Recorder dari daftar yang ditampilkan.

Langkah 3: Jalankan Aplikasi SCR Screen Recorder

Jalankan aplikasi SCR Screen recorder di smartphone Anda. Pada saat setelahnya, Anda akan melihat informasi di navigasi bar layar smartphone Anda (Geser layar dari paling atas ke bawah). Anda akan melihat informasi bahwa aplikasi sudah “Ready”.

Klik saja informasi ini dari navigasi bar tersebut. Sebuah tombol melayang berwarna orange yang  juga berupa ikon  dari aplikasi SCR Screen Recorder mengambang di tengah layar smartphone Anda seperti pada gambar thumbnail artikel ini.

Anda cukup menekan ikon SCR berwarna orange ini untuk mulai merekam. Informasi di navigasi bar akan bertuliskan recording saat proses rekaman dimulai.

Jika Anda ingin mengubah resolusi rekaman, sumber audio, dan pengaturan lainnya. Cukup ketuk ikon Gerigi pada tombol yang mengambang ditengah layar Anda.

Langkah 4:  Menghentikan dan Simpan Rekaman

Untuk berhenti merekam layar, Anda cukup membuka kembali informasi SCR dari navigasi bar kembali atau cukup menekan tombol “Kunci Layar/Power” hingga layar smartphone Anda mati. Tunggu hinga 2 detik, dan rekaman video akan otomatis tersimpan di gallery smartphone Anda.

Kesimpulan

Woiden sama sekali tidak dibayar untuk mengulas aplikasi SCR Screen Recorder ini. Namun harus woiden akui bahwa aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi perekam layar terbaik yang woiden pernah coba.

Sehingga sangat patut jika seseorang membayar jasa pengembang aplikasi ini dengan memberikan Donasi. Pembayaran Donasi bisa dilakukan melalui dalam aplikasi ini. Namun perlu Anda ketahui ini hanya donasi atau sumbangan, tidak wajib Anda lakukan bahkan tidak membatasi fungsinya. Tapi ini sepatutnya Anda lakukan, jika aplikasi benar-benar bermanfaat untuk Anda.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan pada artikel kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan di forum aplikasinya atau melalui kolom komentar dibawah ini.