4 Cara Menambah Ram Android Tanpa Root

Diposting pada

Memiliki smartphone dengan spesifikasi dewa cukup menguntungkan dari segi fungsional, dibanding ketika hanya memiliki kapasitas ram seadanya. Memiliki ram rendah, bisa membuat kita pusing memikirkan berbagai cara untuk membebaskan kapasitas ram perangkat kita sendiri ketika ingin menjalankan game atau aplikasi berat.

Tidak jarang cara itu harus mengorbankan beberapa aplikasi untuk dihapus dan itu cukup menyedihkan jika yang dikorbankan adalah salah satu aplikasi andalan Anda. Untuk itulah mengapa memikirkan spesifikasi sebelum membeli sebuah gadget adalah hal penting, selain memikirkan harganya.

Solusi terbaik jika Anda terlanjur memiliki perangkat dengan ram rendah adalah dengan meningkatkan kapasitasnya. Dengan begini bisa membantu Anda memainkan beberapa permainan berat dan mungkin banyak menjalankan aplikasi pada saat bersamaan.

Tapi ini bukan solusi yang tepat karena kembali lagi bahwa semuanya tergantung pada prosesor dan perangkat keras lainnya juga. Tapi ram yang meningkat bisa sangat membantu Anda dan sangat mudah dan murah untuk meningkatkan ram di Android Anda.

Lebih detailnya, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Cara Meningkatkan Ram di Android Menggunakan SD Card

Meningkatkan ram tidak berarti Anda secara internal menambahkan beberapa perangkat keras ke perangkat Android Anda. Itu tidak mungkin bagi orang normal untuk mengubah perangkat hardware Android untuk bisa meningkatkan Ram-nya.

Sebab mengganti hardware itu sangat berisiko, selain itu beberapa hardware hanya didesain untuk satu jenis smartphone saja dan harus profesional untuk mengubah perangkat keras itu.

Tapi jangan khawatir ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan ram di Android, Anda hanya perlu mengikuti instruksi dibawah. Dan Anda dapat dengan mudah meningkatkan ram Anda hanya dalam hitungan menit. Dengan menggunakan metode ini Anda bisa meningkatkan ram hingga 4 GB.

Cara Meningkatkan Ram di Android Mobile Phone / Tablet

Ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk menambah RAM di Android Anda. Metode pertama membutuhkan beberapa aplikasi, ada Aplikasi Premium dan Gratis di Android Market atau Google Play Store. Anda dapat mendownloadnya dan dapat dengan mudah meningkatkan ram dari Perangkat Android Anda.

Metode Kedua adalah Metode Manual yang umum digunakan oleh kebanyak pengguna Android. Namun Anda perlu melakukan perubahan atau mod tertentu secara manual untuk meningkatkan Ram via metode kedua ini di Android Anda.

Metode 1: Meningkatkan Ram Android Dengan RAM Expander ROEHSOFT

Ram Expander adalah aplikasi keren yang memungkinkan Anda dapat meningkatkan Ram Perangkat Android Anda dengan mengubah Bagian dari kartu Memori SD Card Anda menjadi RAM. Kartu memori Anda akan digunakan sebagai Ram Virtual sebagai gantinya.

Mengingat aplikasi ini berbayar alias tidak gratis, Maka Anda dapat membeli aplikasinya seharga Rp. 50.000 dari Google Play Store melalui laman dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de&hl=en

Anda juga bisa mendapatkan file apk aplikasinya secara gratis dari situs downloader aplikasi seperti Apk4fun, jalantikus, atau dari situs lainnya di penelusuran google.

Fitur:

  • Kartu Memori (SD Card) sebagai penggunaan RAM (SWAP RAM / SWAP MEMORY)
  • Swapfile RAM ekspansi hingga 4.0 GB (file system limit)
  • Tidak ada batasan pada partisi SWAP!
  • Degradasi kinerja ketika tidak berfungsi untuk jenis sd card tertentu
  • Widget untuk swap PNP (swap on / off swap)
  • Informasi dan Analisis Memori Terperinci
  • Autorun
  • Parameter kernel swappiness diset
  • Penggunaan sangat mudah (1 klik optimasi dan perhitungan otomatis)
  • Berfungsi di semua perangkat Android

Anda mungkin harus melakukan rooting untuk dapat menggunakan aplikasi RAM Expander ini. Jika Anda belum melakukan rooting, silahkan menyimak artikel woiden berikut ini:

Sebelum membeli aplikasi ini, Anda harus memeriksa kompatibilitas aplikasi ini dengan perangkat Anda. Cobalah aplikasi pengujian MemoryInfo & Swapfile ini sebelum membeli RAM Ex-pander. Apakah perangkat Anda kompatibel dengan RAM Expander ROEHSOFT.

  1. Jika perangkat Anda Kompatibel, maka Beli dan Download Expander RAM ini.
  2. Setelah menginstal, Anda dapat memilih bahasa untuk tampilan aplikasi.
  3. Sekarang Buat File SWAP dengan mengklik Swap Active dan Enable it.
  4. Setelah selesai dengan ini klik saja pada kotak berwarna abu-abu dan Activate SWAP

Setelah itu biarkan aplikasi ram expander melakukan tugasnya dan nikmati peningkatan ram Anda. Jika cara ini tidak berfungsi. Anda bisa menyimak penerapan gratis dibawah ini secara gratis, namun langkahnya sedikit lebih panjang.

Metode 2: Meningkatkan Ram Android Menggunakan Link2SD & Swapper

Persyaratan:

  • SD Card (Kartu memori) minimal class 4 atau Lebih Tinggi.
  • Telah melakukan rooting (https://bhataramedia.com/rooting)
  • Komputer Windows
  • SD Card Reader (Pembaca kartu memori)
  • Dan beberapa Software

Langkah 1: Periksa apakah Android Anda mendukung swapping atau tidak.

Untuk mengonversi SD Card Anda menjadi Ram, Android Anda perlu mendukung fungsi Swap. Untuk memeriksa  android Anda mendukung fungsi swap atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi MemoryInfo & Swapfile Check yang bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.roehsoft.meminfo&hl=en

Jika perangkat Anda mendukung fungsi Swap, lanjutkan dengan Langkah 2. Namun Jika tidak, Anda harus menunggu metode terbaru yang entah kapan adanya.

Langkah 2: Sekarang Anda perlu membagi partisi SD Card Anda.

Pastikan bahwa kartu memori/sd card Anda tidak berisikan file penting atau cadangkan semua file penting di dalamnya. Sebab tahap ini akan menghapus sd card Anda sampai bersih (format).

  1. Sekarang hubungkan SD Card Anda ke PC Anda. Anda bisa menggunakan Card Reader untuk ini.
  2. Sekarang buka Windows Explorer dan klik kanan pada folder SD Card Anda dari komputer Windows Anda dan pilih “Format…”.
  3. Sebelum menekan tombol “Start”, ubah menu drop-down “File system” menjadi EXT2, EXT3 atau EXT4 (Selain FAT32).
  4. Jika di menu computer Anda tidak tersedia. Gunakan software MiniTool Partition (https://www.partitionwizard.com/download.html) untuk mengubah jenis file system kartu memori Anda.
  5. Klik “Start” untuk menerapkan perubahan dan setelah diproses selama beberapa menit partisi Anda selesai.

Langkah 3: Unduh Alikasi Link2SD

  1. Sekarang Anda perlu Download dan install “Link2SD” melalui Google Play Store atau situs downloader lainnya.
  2. Buka aplikasinya dan berikan izin root (grant). Sekarang pilih partisi .ext yang telah Anda buat sebelumnya.
  3. Urutkan aplikasi dan mulai menautkannya.

Langkah 4: Meningkatkan RAM Perangkat Android Anda

  1. Langkah ini Anda perlu mendownload aplikasi “Swapper for Root” (https://apkbucket.net/apk/swapper-for-root).
  2. Buka aplikasi dan pilih jumlah RAM yang ingin Anda tingkatkan.
  3. Ini akan membuat file .swp dan akan meningkatkan RAM Perangkat Android Anda.

Sekarang periksa Ukuran Ram Anda. Ini pasti meningkat sesuai jumlah yang Anda pilih.

Aplikasi Gratis lainnya untuk Meningkatkan RAM

Jika Anda tidak ingin membuang-buang uang untuk membeli aplikasi premium ini. Ada ratusan aplikasi gratis yang juga mengklaim dapat meningkatkan atau meningkatkan Ram Android dengan mengoptimalkan RAM Perangkat Android Anda.

Di sini woiden mendaftarkan dua aplikasi teruji dan terverifikasi untuk meningkatkan ram di android yang juga umum digunakan oleh kebanyakan pengguna Android. Aplikasi itu sebagai berikut ini:

Smart RAM Booster

Aplikasi ini berfungsi dengan menonaktifkan Proses Prioritas Rendah atau dengan Mengalokasikan Memori untuk Tugas Prioritas Tinggi. Sederhananya, aplikasi ini akan menutup semua proses aplikasi atau system dibelakang layar smartphone Anda untuk membersihkan sedikitnya kapasitas ram di Android Anda.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rootuninstaller.rambooster&hl=en

Memory Booster

Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan dengan user interface yang hebat. Aplikasi ini mengoptimalkan memori perangkat Android Anda dengan De-fragmen Memori atau dengan Mencegah kebocoran Memori yang disebabkan oleh Aplikasi yang berbeda.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=imoblife.memorybooster.lite&hl=en

Itu saja mungkin yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ram di smartphone Android . Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.