Google Akan Buka Play Store Khusus Untuk Komponen Dari Perangkat Modular

Perangkat Modular.

Bhataramedia.com – Proyek Ara merupakan sebuah proyek unik yang sedang dikembangkan oleh Google. Dengan proyek tersebut Google ingin membuat sebuah perangkat modular sama persis dengan ZTE kembangkan. Nantinya perangkat yang berbentuk smartphone tersebut bisa dirubah-rubah sesuai keinganan penggunanya terutama pada setiap komponen-komponen pendukung smartphone.

Misalnya ingin mengganti processor yang sudah usang, menambah besaran RAM ataupun internal memori, meningkatkan resolusi layar hingga mengganti kamera dan lain sebagainya. Dan untuk mengganti semua komponen tersebut akan dimudahkan, maka dari itu dibuatlah smartphone modular. Jadi bukan hanya ROM, baterai, microSD dan casing saja yang bisa diganti-ganti seperti sekarang ini.

Sayangnya hingga sekarang belum juga menunjukan hasil yang signifikan. Namun baru-baru ini Google berniat untuk membuka sebuah toko khusus yang menjual komponen-komponen smartphone yang bisa dirakit tersebut. Bahkan toko tersebut akan memberikan penjelasan lengkap mengenai produk mana saja yang paling direkomendasikan agar cocok saat dirakit.

Toko tersebut juga akan mengusung konsep seperti halnya aplikas-aplikasi yang ada di Google Play Store. “Proyek Ara MDK gratis dan terbuka, tersedia untuk semua orang. Sehingga, semua orang bisa membuat modul sesuai spesifikasi dari pengembang dan meletakkannya untuk pasar modul Ara dan langsung menjualnya ke konsumen,” ujar Paul Eremenko, kepala proyek Ara saat wawancaranya di Universitas Purdue, dilansir dari Androidcentral.

You May Also Like