Beasiswa, Sebuah “Angin Segar” Diantara Mewahnya Pendidikan

beasiswa

Bhataramedia.com – Dilansir Okezone.com (15/10/2014) bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memberikan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa dengan indeks prestasi yang gemilang akan tetapi tidak diiringi dengan keadaan ekonomi yang gemilang pula. BPJS memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi berprestasi di Universitas Indonesia (UI) sebagai penghargaan atas semangat mahasiswa dan mahasiswi tersebut dalam studinya. Tak pelak beasiswa ini disambut dengan suka cita oleh mahasiswa dan mahasiswi tersebut karena beasiswa ini menunjukkan keseriusan mereka dalam menempuh pendidikan. Apalagi mereka tidak perlu khawatir lagi akan biaya yang membebani mereka dan hal tersebut akan meringankan beban orang tua mereka di tempat asal masing-masing.

Kendala Biaya Penghambat Pendidikan

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan untuk strata 1 (S1) tidaklah sedikit, belum lagi dengan pertumbuhan dan kebutuhan ekonomi yang pesat. Tentunya akan berdampak pada mahasiswa-mahasiswi yang kurang mampu. Tak sedikit mahasiswa-mahasiswi pandai harus berhenti karena masalah ekonomi yang kiat melejit sehingga para orang tua harus menjerit kepada anaknya untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Bisa dibayangkan bagi mahasiwa dan mahasiswi yang hidup di luar kota asalnya, mulai dari kebutuhan makan dan tempat tinggal, belum lagi biaya semisal fotocopy, buku, print, dll. Bila dihitung biaya kos di pulau Jawa rata-rata 400-700 ribu per bulan, makan sehari 2 kali x 7000, belum minum dan kebutuhan-kebutuhan non teknis misal sabun, shampo, dll. Para orang tua pun dibuat khawatir dengan hal ini, mereka di tuntut untuk bisa mengayomi anaknya sebisa mungkin. Akan tetapi bagaimana jika pekerjaan mereka hanya bertani atau pedagang yang tidak tetap penghasilannya?

Beasiswa Harapan Utama

Dengan mendapatkan beasiswa, mahasiswa-mahasiswi seakan mendapatkan angin segar kembali untuk tetap semangat dalam menyelesaikan studinya. Para orang tua pun dibuat sedikit “bernafas lega” karena mereka merasa terbantu dengan biaya pendidikan anak-anak mereka. Beasiswa ini juga membuka lagi harapan para orang tua untuk melihat anaknya menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya dan bagi mahasiswa ini merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan prestasi mereka tanpa harus memikirkan lagi beban biaya pendidikan yang ditempuhnya.

You May Also Like